LKC Dompet Dhuafa Banten Siapkan Bantuan Stimulan Material Untuk Program STBM di Kelurahan Pasuluhan

Penaindonews.com, kota serang, – Pemerintah Kelurahan Pasuluhan Pasilitasi LKC Dompet Dhuafa Banten dan Petugas Dinkes provinsi Banten dalam melaksanakan kegiatan sosialisasi STBM (Sanitasi Total Berbasis Masyarakat), kegiatan berlangsung di kantor kelurahan Pasuluhan, kecamatan Walantaka, kota serang. Selasa 06/12/2022.

Kegiatan ini di hadiri oleh Penggerak STBM kota serang Ibu Putu, Perwakilan dari Dompet Dhuafa Ibu Rini, Petugas Kesehatan dari Dinkes provinsi Banten ibu Nurul bersama tim, Petugas Kesling Puskesmas Walantaka, Kepala kelurahan Pasuluhan Aan Jajuli, ketua RT dan RW serta kader dan warga .

Dikatakan ibu putu selaku penggerak STBM kota serang, pada dasarnya program STBM adalah untuk merubah perilaku dan kebiasaan buruk buang air besar sembarangan menjadi tidak lagi buang air besar sembarangan serta yang tidak peduli terhadap kesehatan lingkungan bisa menjadi peduli kesehatan dan kebersihan lingkungan yang pada intinya menjadikan masyarakat berprilaku hidup sehat.


Ibu putu juga menyampaikan ada 5 Pilar STBM antara lain :
– STOP BUANG AIR BESAR SEMBARANGAN.
– CUCI TANGAN PAKAI SABUN.
– PENGOLAHAN AIR MINUM DAN MAKANAN DENGAN BENAR.
– PENGELOLAAN SAMPAH RUMAH TANGGA.
– PENGELOLAAN LIMBAH CAIR RUMAH TANGGA AGAR TIDAK MENCEMARI LINGKUNGAN.

Kepala kelurahan Pasuluhan, Aan Jajuli , Masyarakat harus bisa berprilaku hidup sehat, dan mendukung program STBM, karena Program ini sangat penting bagi kesehatan lingkungan, kami selaku Pemerintah kelurahan Pasuluhan sangat mengapresiasi atas bantuan yang diberikan oleh lembaga Dompet dhuafa serta dukungan dari Penggerak STBM kota serang dan Dinkes provinsi Banten, juga para donatur, RT, RW dan warga, untuk di ketahui ada 110 warga yang belum mempunyai jamban keluarga pada awalnya, namun saat ini dalam kurun waktu tiga Minggu sudah selesai 50% dan insyaallah di tanggal 15/12/2022 ini akan selesai semua. ” ucap Aan Jajuli.

Sementara, Rini selaku petugas dari LKC dompet dhuafa Banten, menyampaikan melalui LKC Dompet Dhuafa Banten akan siap membantu terkait stimulan material guna percepatan realisasi program STBM di kelurahan Pasuluhan, Diharapkan dengan adanya bantuan stimulan ini dapat menambah semangat warga dalam menyelesaikan pembangunan jamban. ” Ucap Rini.

Selain itu Rini juga menjelaskan, LKC Dompet Dhuafa Banten adalah Lembaga kemanusiaan di luar pemerintah, dan dalam kesempatan ini menggandeng dan bersinergi dengan pemerintah dan relawan untuk membantu menyelesaikan terkait STBM, Kehadiran LKC dompet dhuafa guna menyalurkan bantuan dari pada Dinatur, terutama untuk kepentingan kemaslahatan terkait bidang kesehatan lingkungan maupun lainnya. ” imbuh Rini.

Dijelaskan Nurul selaku pegawai kesehatan Dinkes provinsi, Dampak lingkungan yang tidak sehat ( Karena BABS) bukan hanya berdampak pada pribadi dan keluarga namun bisa berdampak tidak baik bagi seluruh lingkungan, untuk itu perlu perhatian khusus dari masyarakat, karena menjaga lingkungan sehat bukan hanya tugas petugas kesehatan saja, namun menjadi tugas kita semua.

Kegiatan di lanjutkan monitoring lokasi pembangunan jamban, secara keseluruhan kegiatan berlangsung dengan lancar, aman dan tertib serta mendapat antusias dari masyarakat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *