UPTD- Puskesmas kalodran Kedatangan Tim Surveior Re Akreditasi

Penaindonews.com, Kota serang, – UPTD- puskesmas kalodran, kedatangan Tim Surveior Re Akreditasi, selama tiga hari, dimulai dari tanggal 13,15 dan 16/11/2023. kedatangan Tim Surveior Re Akreditasi ini dalam rangka memverifikasi data serta melaksanakan kegiatan wawancara dengan lintas sektor khususnya pemerintah kecamatan walantaka berserta unsur muspika, para lurah dan kader, guna kepentingan penilaian menuju akreditasi.

kegiatan wawancara tersebut dilaksanakan oleh H. Asep Awaludin S.kep, S.H, M.km, dan Drg. Enizar Noerdin selaku tim Surveior Re Akreditasi di ruangan aula kantor UPTD-Puskesmas kalodran, hadir dalam kegiatan ini camat Walantaka Muslim Sholeh, Danramil Walantaka Kapten INF Rokhim, Kapolsek Walantaka IPTU Juwandi, kepala KUA kecamatan Walantaka H. Komar, kepala kelurahan Kiara, Jado, kepala kelurahan Pageragung M. Napirin, kepala kelurahan Kalodran Asrori, perwakilan dari kelurahan kepuren dan Teritih, serta para kader.

Tujuan diberlakukannya akreditasi puskesmas adalah untuk membina puskesmas dan fasilitas pelayanan kesehatan primer dalam upaya untuk berkelanjutan memperbaiki sistem pelayanan dan kinerja yang berfokus pada kebutuhan masyarakat, keselamatan, dan manajemen risiko.

Pusat Kesehatan Masyarakat (Puskesmas) sebagai bagian integral dari fasilitas pelayanan kesehatan primer harus dapat menjawab tantangan utama pelayanan kesehatan dasar yaitu menyediakan dan memelihara keberlangsungan mutu pelayanan. Salah satu upaya untuk meningkatkan mutu pelayanan kesehatan tersebut adalah melalui akreditasi, adapun tujuan utama akreditasi puskesmas adalah untuk pembinaan dan peningkatan mutu kinerja melalui perbaikan yang berkesinambungan terhadap sistem manajemen, sistem manajemen mutu dan sistem penyelenggaraan pelayanan dan program, serta penerapan manajemen risiko, dan bukan sekedar penilaian untuk mendapatkan sertifikat
akreditasi.

Saat di temui, Ade nur Afiah selaku kepala UPTD – puskesmas kalodran, menyampaikan bahwa saat ini UPTD Puskesmas kalodran sedang mengikuti kegiatan Re Akreditasi dan sedang menerima tim Surveior Re Akreditasi, dirinya berharap UPTD-Puskesmas Kalodran di bulan November ini mendapatkan hasil paripurna sehingga nantinya pelayanan kepada masyarakat lebih maksimal, masyarakat tidak lagi ada yang mengantri lama yang pada intinya pelayanan terhadap kepentingan kesehatan masyarakat akan lebih maksimal, seiring dengan naiknya status dari dasar ke madya dan berharap hingga ke paripurna .” ucap kepala puskesmas kalodran kepada media penaindonews.com.

Camat Walantaka Muslim Sholeh, menjelaskan bahwa UPTD- puskesmas kalodran, sudah layak dalam peningkatan status, mengingat kinerja dan dedikasi yang di berikan selama ini sudah maksimal untuk kepentingan kesehatan masyarakat terutama dalam lingkungan wilayah kerja Puskesmas kalodran, tinggal peningkatan kapasitas sistem manajemen, baik mutu maupun penyelenggaraan pelayanan dan program, serta penerapan manajemen risiko, sehingga pelayanan lebih maksimal, terkait sinergitas UPTD Puskesmas kalodran selalu aktif dalam berjejaring dengan pemerintah kecamatan walantaka berserta unsur muspika, terbukti dalam kegiatan Lintas Sektor yang intens dilaksanakan. ” ungkap Camat Walantaka.

Sementara Kapolsek Walantaka IPTU Juwandi, menegaskan bahwa UPTD-puskesmas kalodran selalu bersinergi dengan pihak nya bilamana ada program kesehatan yang akan di laksanakan, dan selalu berupaya untuk melibatkan Polsek Walantaka, hal tersebut dapat di lihat dalam setiap kegiatan selalu melibatkan personil Polsek Walantaka terutama Bhabinkamtibmas, karena Tampa adanya kerjasama lintas sektor maka akan sulit dalam memaksimalkan setiap program.” tutur Kapolsek Walantaka.

Senada dengan Kapolsek Walantaka, Danramil Walantaka Kapten INF Rokhim, menjelaskan, bahwa dalam kurun waktu 3 bulan semenjak dirinya bertugas di wilayah kecamatan Walantaka, sudah beberapa kali kepala puskesmas berkoordinasi dengan nya dalam kaitan realisasi program kesehatan, bahkan kepala puskesmas kalodran telah berkunjung ke Mako Koramil Walantaka dalam kegiatan HUT TNI, tentu ini menunjukkan bahwa UPTD-puskesmas kalodran, selalu bersinergi dengan lintas sektor, dirinya berharap UPTD-Puskesmas Kalodran kedepannya dapat terus maju dan maksimal dalam memberikan pelayanan terhadap masyarakat.” tutur Danramil.

Selanjutnya tim Re Akreditasi, mewawancarai Camat, Kapolsek dan Danramil Walantaka serta kepala kelurahan dan para kader dari masing-masing kelurahan, terkait kinerja para petugas UPTD-Puskesmas Kalodran, serta keberhasilan UPTD-Puskesmas dalam menjalankan dan merealisasikan program kesehatan nya, secara keseluruhan kegiatan berjalan dengan lancar, aman dan tertib.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *