Ribuan Pesilat Banten Padati Stadion Maulana Yusuf Dalam Rangka Pagelaran Seni budaya Tapak Karuhun Jilid II

Penaindonews.com, Banten, – Ribuan Pesilat dari berbagai perguruan Banten Padati Stadion Maulana Yusuf, kota serang , Banten, Kedatangan para pesilat ini, dalam rangka Pagelaran Seni budaya Tapak Karuhun Jilid II, yang di gelar oleh Paguyuban Paguron Serang-Banten, berkerjasama dengan Pemprov Banten, dan Polda Banten.

Tampak di tengah lapangan stadion Maulana Yusuf, ribuan Pesilat dari berbagai unsur Paguron menyajikan gerakan silat tangan kosong dan menggunakan golok, sehingga meraih rekor MURI ( Museum Rekor Indonesia) dengan peserta silat terbanyak dengan Jumlah 4.000 pesilat menggunakan golok dan jurus silat Tapak Karuhun , yang merupakan warisan seni budaya Banten. Minggu (17/12/2023).

Kegiatan ini di ikut para pesilat dari berbagai Usia dari anak-anak hingga dewasa baik pria maupun wanita, dengan menggunakan seragam serba hitam, sehingga menambah semaraknya suasana, kegiatan ini selain untuk melestarikan budaya juga dalam rangka menyatukan misi setiap Paguron yang ada di Banten, untuk menjaga kondusifitas menjelang pesta demokrasi Pemilu serentak tahun 2024 di wilayah Banten.

Pembina Paguyuban Paguron Brigjen Pol Nunung Syaifuddin mengatakan, 4 ribu golok yang digunakan dalam kegiatan tersebut untuk peragaan silat.

“Untuk peserta yang hadir mencapai 30 ribu pesilat dari 24 paguron (Perguruan) dan yang memperagakan silat ada 4000, dan ada 4000 golok yang di gunakan dalam peragaan silat,” ungkap Nunung Syaifuddin kepada media.

Lebih lanjut Nunung menjelaskan, hal terpenting dalam acara tersebut selain dalam rangka melestarikan budaya , juga berlangsung deklarasi pemilihan umum (Pemilu) 2024 damai, yang artinya seluruh Paguron menyepakati agar pemilu serentak tahun 2024 dapat berjalan dengan lancar, aman dan kondusif, untuk itu dirinya berharap agar para jawara di Banten dapat bersama-sama menjaga kondusifitas pada Pemilu 2024.

Sementara, Pj Gubernur Banten Al Muktabar menuturkan, banyak gal yang dapat di laksanakan oleh pegiat kebudayaan di Banten, dalam mendedikasikan diri untuk menciptakan situasi yang kondusif.

“Kegiatan Ini kami nilai sangat baik dengan berbasis budaya, banyak hal yang bisa kita dedikasikan dengan budaya ini, agenda ini dalam rangka mendukung situasi kondusif aman damai, ” Ucap Al Muktabar.

Di selah kesibukannya dalam kegiatan pagelaran seni tapak Karuhun , Ketua DPD Paguron Jalak Banten Nusantara H. Lutfi Tri putra, menjelaskan, bahwa dirinya sangat mengapresiasi atas terselenggaranya kegiatan pagelaran seni budaya Tapak Karuhun Jilid II, yang di gagas oleh paguyuban Paguron Serang – Banten, Menurutnya hal ini sangat positif sekali, selain untuk melestarikan budaya juga sebagai ajang silaturahmi, dan dirinya menyatakan sikap bahwa akan turut serta dalam menciptakan situasi kamtibmas yang aman dan kondusif dalam menghadapi pemilu serentak tahun 2024 mendatang.” ungkap H. lutfi kepada media penaindonews.com.

Kegiatan yang di hadiri oleh PJ Gubernur Banten, Kapolda Banten dan para ketua umum Paguron ini, berjalan lancar, aman dan tertib, serta mendapat antusias dari masyarakat Banten.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *