Mahasiswa KKM 02 UNIBA siap Mengabdi di Kelurahan Nyapah


Penaindonews.com, Kota serang, – Sebanyak 21 mahasiswa KKM UNIBA melaksanakan kegiatan pengabdian kepada masyarakat, kegiatan KKM tersebut bertempat di Kelurahan Nyapah, Kecamatan Walantaka, Kota Serang.

Kegiatan mahasiswa UNIBA dalam kaitan mengabdi kepada masyarakat nyapah tersebut akan berlangsung selama hampir dua bulan,  Sebelum melaksanakan pengabdian, pada Senin, 15 Juli 2024  seluruh mahasiswa telah terlebih dahulu diterima secara langsung oleh Camat Walantaka, Soleh Muslim di aula kantor Kecamatan Walantaka.

Di sampaikan oleh camat Walantaka Muslim Sholeh, dirinya sangat menerima dengan kedatangan mahasiswa/i Dari UNIBA untuk melaksanakan KKM di wilayah kecamatan Walantaka, bahkan camat berpesan agar para mahasiswa KKM dapat mengimplementasikan ilmu yang di dapat dari kampus agar bisa di manfaatkan sebaik mungkin demi kemajuan masyarakat. ” Ungkapnya.

Para mahasiswa yang mengabdi di Kecamatan Walantaka, khususnya di Kelurahan Nyapah, akan didampingi oleh satu dosen pembimbing dan beberapa dosen pendamping, dalam acara penerimaan tersebut, Diana Romdhoningsih selaku dosen pembimbing mahasiswa kelompok 02 menyatakan bahwa program KKM ini berfokus pada 8 bidang program unggulan, antara lain bidang Pendidikan dan Keterampilan, bidang Ekonomi, Pendampingan UMKM, Koperasi dan Ekonomi Kreatif, Bidang Keagamaan, bidang Sosial, Budaya, dan Pemberdayaan Masyarakat, serta Lingkungan Hidup dan Penghijauan, bidang Pemerintahan Desa/Kelurahan dan Pelayanan Masyarakat, bidang Teknologi Tepat Guna dan Teknologi Informasi, bidang Hukum dan Penyuluhan Kesadaran Hukum, serta Bidang Kesehatan, dengan mengusung tema “Peningkatan Kualitas Masyarakat dengan Cipta Inovasi, Rekam Jejak, Kebermanfaatan, Hilirisasi, dan Aksi Nyata”. Tema ini akan menjadi patokan khusus bagi para mahasiswa dalam menciptakan program kerja di daerah tempat pengabdian.


Sementara kepala kelurahan Nyapah, Aminudin,  menyampaikan bahwa dengan diadakannya kegiatan KKM di Kelurahan Nyapah diharapkan dapat kembali membangkitkan kegiatan-kegiatan masyarakat yang terkesan mati suri,  Selain kegiatan gotong royong, kebersihan lingkungan pun menjadi perhatian khusus dari lurah nyapah tersebut.

Terkait dengan program bidang Ekonomi dan Pendampingan UMKM, ke-21 mahasiswa ini akan melakukan pendampingan dan pelatihan bagi para pelaku UMKM yang berada di Kelurahan Nyapah yang diharapkan akan sesuai dengan tema program KKM tahun ini yaitu kebermanfaatan. Diharapkan kedatangan mahasiswa di Kelurahan Nyapah ini dapat memberikan angin segar tidak hanya di bidang UMKM saja, melainkan di beberapa program unggulan lainnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *