Kontribusi Nyata: Penerbitan KIA Untuk Warga Pasuluhan, oleh Mahasiswa KKM Kelompok 5 Uniba

Penaindonews.com, kota serang, – Selasa (30/07/2024), Dalam mengaplikasikan ilmu yang di dapat dari kampus di tengah masyarakat pasuluhan, sesuai Sesuai dengan Tema yg di usung oleh LPPM Uniba : Peningkatan Kualitas Masyarakat Dengan Cipta Inovasi, Rekam Jejak, Kebermanfaatan, Hilirisasi dan Aksi Nyata, dan Tri Dharma perguruan tinggi, dalam upaya melaksanakan pengabdian kepada masyarakat , Dosen dan mahasiswa/i KKM kelompok 05 UNIBA kelurahan pasuluhan, membantu anak warga pasuluhan untuk mendapatkan Kartu Identitas Anak (KIA).

Bantuan dalam pembuatan KIA oleh para mahasiswa yang sedang melaksanakan KKM, merupakan arahan dari Dosen Pembimbing Lapangan (DPL)  KKM Kelompok 05 Ibu Desty E. Subroto, M.Pd, dan di laksanakan oleh para mahasiswa serta mendapat dukungan dari pemerintah kelurahan pasuluhan.

Disampaikan oleh, Dosen Pembimbing Lapangan (DPL)  KKM Kelompok 05 UNIBA, Ibu Desty E. Subroto, M.Pd,, bahwa Untuk Proker Bidang Pemerintahan, tidak hanya berfokus pada aktifitas dan rutinitas aparatur desa saja, namun akan lebih bermanfaat jika memudahkan masyarakatnya, khususnya anak-anak, agar sejak dini telah memiliki identitas diri yang jelas.” Ucapnya.

Masih Ibu Desty E. Subroto, M.Pd, membantu warga agar anaknya memiliki KIA, sesuai dengan amanat Undang-Undang Nomor 35 Tahun 2014 tentang Perlindungan Anak, “Anak merupakan seseorang yang umurnya belum 18 (delapan belas) tahun, termasuk juga yang masih dalam janin”. Berlandaskan, pengertian tersebut maka sangatlah penting seorang anak mempunyai Kartu Identitas Anak (KIA) atau dikenal sebagai KTP anak bagi masyarakat Indonesia, terutama bagi anak yang berusia 0-16 tahun.” Imbuhnya.

Sementara, kepala kelurahan pasuluhan, Junaedi, mengapresiasi atas bantuan mahasiswa KKM Kelompok 05 UNIBA yang telah membantu warga untuk mendapatkan Kartu Identitas Anak (KIA).

” Selaku pemerintah kelurahan pasuluhan dan mewakili warga, kami sangat berterima kasih dan apresiasi, atas bantuan dari mahasiswa/i KKM kelompok 05 UNIBA, yang telah membantu warga kami dalam mendapatkan kartu identitas anak, tentu hal ini sangat baik sekali, semoga kedepannya mahasiswa khususnya dari UNIBA dapat terus berkarya dan membantu masyarakat kelurahan pasuluhan khususnya. ” Ungkap Junaedi.

Dalam membantu warga untuk mendapatkan KIA, para mahasiswa dan dosen pembimbing lapangan melaksanakan kegiatan sosialisasi , dan pendataan terlebih dahulu kepada warga kelurahan pasuluhan, selanjutnya KIA yang telah selesai di buat langsung di serahkan kepada warga, dalam kegiatan sosialisasi dan penyerahan KIA tersebut di hadiri oleh kepala kelurahan pasuluhan, Junaedi dan camat Walantaka Muslim Sholeh, serta para ketua RT dan RW, Babinsa, bhabinkamtibmas , kader PKK serta masyarakat.

Upaya dalam membantu warga untuk mendapatkan Kartu Identitas Anak, mendapat antusias dari masyarakat dan dukungan dari pemerintah kelurahan pasuluhan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *