Pemdes Purwadadi kecamatan Lebakwangi Maksimalkan Penyerapan Anggaran Dana Desa

Penaindonews.com, Kabupaten serang, –  Demi kemajuan desa dan kesejahteraan masyarakat desa Purwadadi kecamatan Lebakwangi kabupaten serang, Pemerintah desa (Pemdes) Purwadadi maksimalkan dalam penggunaan dan penyerapan anggaran dana desa tahap ke-1 TA 2024, untuk kepentingan pembangunan sarpras dan pemberdayaan masyarakat desa Purwadadi, hal tersebut di sampaikan kepala desa Purwadadi H. Makmun, kepada media penaindonews.com, di ruang kerjanya. Selasa 10/09/2024.

Di jelaskan, oleh Makmun, selaku kepala desa Purwadadi, bahwa pemerintah desa Purwadadi dalam menyerap anggaran DD lebih mengutamakan kepentingan masyarakat yang masuk skala prioritas berdasarkan hasil musyawarah desa, selanjutnya melaksanakan pemberdayaan masyarakat dengan tujuan peningkatan SDM dan merealisasikan BLT.

Dokumentasi penyerahan BLT

” Selaku pemerintah desa Purwadadi, kami mengucapkan apresiasi kepada pemerintah pusat maupun daerah, yang telah menggulirkan DD dalam rangka peningkatan pembangunan dan SDM masyarakat desa Purwadadi, dalam penyerapan DD tersebut kami berkaca pada hasil Musdes, mana yang menjadi kebutuhan mendesak masyarakat, selain hal tersebut kami juga melaksanakan pemberdayaan atau Bintek, di samping itu DD juga kami alokasikan untuk pemberian makanan tambahan pada bayi dan ibu hamil serta insentif kader, serta pemberian BLT kepada warga penerima manfaat. ” Ungkap Makmun.

Masih Makmun, “Dalam realisasi DD TA 2024 tahap ke-1, kami alokasikan untuk Pembangunan SPAL di Kp. Lebak Sukaraja, Pembangunan Jembatan Kp. Ragas, Penerangan Jalan Tenaga Surya 11 Titik, Pembangunan Betonisasi Kp. Manengger RW.03 (Vol.130x2x0.15 M), Pembangunan Saluran Irigasi Kp.Mamengger RW.03 (Vol.240 M), pelaksanaan Kegiatan PMT Posyandu, pemberian insentif kader posyandu, pelaksanaan kegiatan Bimtek Pertanian/Peternakan dan Pengalokasian dana untuk Bantuan langsung tunai (BLT) kepada warga penerima manfaat, dalam kaitan penyerapan DD kami selalu berupaya semaksimal mungkin agar tepat sasaran sesuai kebutuhan masyarakat. ” Ucapnya.

Dokumentasi pembangunan Sarpras

Tokoh masyarakat kp.manengger, Ustadz Rope’i, menyampaikan bahwa dirinya memberikan apresiasi kepada pemerintah pusat maupun daerah, terutama pemerintah desa Purwadadi, yang telah melaksanakan pembangunan Betonisasi di kampung manengger, yang mana menurut beliau pembangunan jalan ini sudah sangat lama di nanti masyarakat, dengan terbangun nya jalan Betonisasi ini, sehingga mobilitas warga menjadi lancar, yang berdampak pada peningkatan perekonomian masyarakat. ” Ucap Ustadz Rope’i.

Senada dengan, Ustadz Rope’i, Tokoh masyarakat kampung Lebak Ustadz kholily, dan H. Syamsuri tokoh masyarakat Kampung Regas,  juga mengapresiasi pemdes Purwadadi, karena sudah membangun Spal dan jambatan, yang mana pembangunan ini sangat penting, terlebih pembangunan jambatan yang sudah di nanti sejak lama oleh masyarakat setempat, dengan terbangun nya jambatan penghubung ini, sehingga mobilitas transportasi lancar, karena dapat menghubungi wilayah sekitar, dengan terbangun nya jambatan perekonomian masyarakat jadi lebih meningkat, mengingat jambatan ini di gunakan warga untuk membawa hasil pertanian dan juga barang dagangan.

Kegiatan Posyandu dan PMT

Dari hasil pantauan di lokasi terkait alokasi dana desa terutama DD TA 2024, dan hasil wawancara serta keterangan dari pemerintah desa Purwadadi dan sejumlah tokoh masyarakat setempat, dinilai pemdes Purwadadi telah melaksanakan penyerapan anggaran dana desa secara baik dan tepat sasaran sesuai kebutuhan mendesak masyarakat, namun di sisi lain melihat masih banyaknya pembangunan yang di butuhkan masyarakat terutama sarpras, di harapkan pemerintah dapat mengalokasikan tambahan DD, demi percepatan pembangunan dan pemberdayaan masyarakat, menuju desa yang maju dengan masyarakat yang sejahtera.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *