Gelar Rakerda, KT Banten Evaluasi Kepengurusan & Terbitkan 8 PO Baru

Penaindonews.com, SERANG – Karang Taruna (KT) Provinsi Banten melakukan penguatan organisasi melalui evaluasi kepengurusan dan penyesuaian Peraturan Organisasi (PO) dalam rapat Kerja daerah tahun 2022 yang digelar di hotel Marbella, Anyer, Kabupaten Serang, Senin (21/11/2022). Ketua KT Banten Andika Hazrumy mengatakan, evaluasi kepengurusan merupakan tuntutan kebutuhan masyarakat akan peran dan fungsi Karang taruna dalam memberikan kerja-kerja sosial secara maksimal.

“Amanat AD/ART organisasi KT harus rakerda setahun sekali, dan penguatan organisasi tentu agenda utama dari rakerda,” kata Andika yang adalah mantan Wakil Gubernur Banten itu usai acara kepada pers.

Diterangkan Andika, penyesuaian PO yang dilakukan KT Banten adalah merupakan upaya penguatan organisasi dimana sebelumnya KT Banten memiliki sejumlah PO yang diterbitkan tahun 2016 lalu. Andika merinci 8 PO yang disahkan di dalam rakerda kali ini adalah masing-masing tentang kepengurusan, tentang rapat dan persidangan, tentang system manajemen dan kesekretariatan. Berikutnya tentang manajemen keuangan, tentang system manajemen data dan informasi, tentang majelis pertimbangan, tentang unit kerja dan unit teknis, serta tentang system dan mekanisme hubungan kerjasama.

“Dengan PO baru yang jumlahnya 8 saat ini diharapkan KT Banten dapat berlari kencang menghadapi perkembangan zaman dalam fungsinya membantu pemerintah dalam penanganan masalah kesejahteraan sosial di Banten,” paparnya.

Sebelumnya dalam sambutannya saat menutup rakerda Andika mengatakan Kt Banten di bawah kepemimpinannya yang hamper 3 periode di antaranya adalah telah berhasil menumbuhkan danmmebnagkitkan minat ber-Karang Taruna di kalangan pemuda. “Kita tahu dulu orang kenal Karang taruna kan kalau mau 17-an (Perayaan HUT RI 17 Agustus) saja. Tapi sekarang Karang taruna menjadi primadona, rebutan semua kalangan,” paparnya.

Berikutnya, kata Andika, Kt Banten telah berhasil mengukir prestasi di kancah Nasional. Di antaranya, Karang taruna kelurahanj Gunung Sugih, Kecamatan Ciwandan, Kota Cilegon telah berhasil mendapat predikat juara Nasional dalam hal perkoperasian. Andika melanjutkan, Karang taruna Banten juga telah memiliki program pengembangan wira usaha dengan nama Taruna Wira Usaha atau Tawira sejak tahun 2013. “Bantuan fesh money Karang Taruna Desa dan Kelurahan juga sukses kita perjuangkan pada tahun 2014 dan 2021. Saya bertekad agar ini bisa kita guloirkan lagi tahun depan. Inysa Allah kita perjuangkan,” imbuhnya.

Andika melanjutkan, Karang taruna Banten juga tercatat memiliki mobil perpustakaan keliling sejak tahun 2015 sebagai upaya meningkatkan minat baca masyarakat di daerah pedalaman Provinsi Banten. Terakhir, kata Andika, menandai akhir kepemimpinannya sebagai Wagub Banten, Karang taruna Banten juga telah berhasil menggulirkan program BPJS Gratis seumur hidup untuk anggota Karang Taruna se-Banten dan masyarakat yang membutuhkan.

Di tempat yang sama, Sekretaris Karang Taruna Banten gatot Yan S mengatakan, di dalam rakerda juga digodok mengenai rencana strategis dan program kerja Karang taruna Banten setahun ke depan. Disebutkan dia, rakerda memutuskan rencana strategis dan program kerja tersebut di antaranya adalah revitalisasi Karang Taruna desa dan kelurahan serta kemitraan program strategus dengan badan usaha dan pemerintahan. “Terakhir peningkatan kapasitas SDM pengurus dan system pengkaderan,” kata Gatot. (*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *