Promosikan Pariwisata dan Ekraft Kota Serang, Disparpora Kota Serang launching Bus Wisata

Penaindonews.com, Serang,- Sebagai bentuk pengembangan Pariwisata, budaya dan Ekonomi Kreatif Kota Serang, Dinas Pariwisata Pemuda dan Olahraga (Disparpora) Kota Serang gelar kegiatan Festival Kaibon yang diikuti oleh beberapa Sanggar Seni, UMKM san Ekonomi Kreatif se-Kota Serang, yang diselenggarakan di Panggung Aspirasi, Stadion Maulana Yusuf Kota Serang, Senin (12/12).

Kegiatan tersebut digelar sebagai bentuk promosi kepada Masyarakat Kota Serang maupun masyarakat luar Kota Serang, terkait beberapa destinasi wisata, kebudayaan dan Ekonomi Kreatif yang ada di Kota Serang sekaligus meresmikan Bus wisata terbaru Kota Serang yang diberi nama “Tubagus” (Tour Banten Good Bus).

Seperti yang disampaikan oleh Walikota Serang Syafrudin usai membuka Festival Kaibon sekaligus meresmikan Bus Wisata Tubagus, ia menyampaikan bahwa festival kaibon ini dilaksanakan dan diagendakan setiap tahun yang dilaksanakan di Kota Serang

“intinya kegiatan ini digelar ingin mempromosikan, pertama budaya yang ada di Kota Serang kemudian wisata yang ada di Kota Serang” tutur Syafrudin.

Selain mempromosikan beberapa destinasi wisata dan kebudayaan di Kota Serang, kegiatan Festival Kaibon juga digelar untuk mengenalkan kepada Masyarakat bahwa di Kota Serang cukup banyak pariwisata yang bisa dikunjungi.

“Kota Serang juga ternyata banyak wisata-wisata yang harus dipromosikan kemudian budaya-budaya, yang lain juga baik ekonomi kreatif maupun UMKM, Alhamdulillah potensinya sangat luar biasa” ungkapnya.

Senada dengan yang disampaikan oleh Walikota Serang, Plt Kadisparpora Kota Serang Nursalim menyampaikan, kegiatan Festival Kaibon tersebut merupakan sebuah program inovatif yang dikembangkan oleh Disparpora Kota Serang, dengan tujuan untuk mengangkat potensi-potensi budaya, kesenian, pelaku ekonomi kreatif khusus nya dan sebagainya yang ada di Kota Serang sehingga Kota Serang akan terangkat hingga mancanegara.

“Kemarin dari Kedutaan Besar Amerika selama satu minggu disini untuk pertukaran kebudayaan dengan kita, ini langkah awal, makanya bus yang kita luncurkan pada kesempatan ini adalah dalam rangka menunjang itu semua” ujar Nursalim.

Ia juga menjelaskan bahwa beberapa hal akan terangkat terutama perekonomian Kota Serang tentunya, jika Pariwisata, Ekonomi Kreatif dan UMKM Kota Serang berkembang.

“Potensinya sangat besar, nah tinggal persoalannya sekarang kita, aturan tentang Perda kepariwisataan ini diperbaiki terutama adalah retribusi wisata” jelasnya.

“Kalau mereka itu misalkan masuk uang seribu rupiah saja ke kas daerah, tiga Milyar PAD dari pariwisata setiap tahun yang kita dapatkan” sambung Nursalim.

Selain hal tersebut, terkait peresmian Bus Wisata Tubagus, Nursalim menambahkan bahwa dalam peresmian atau launching saat ini baru satu bus saja yang diresmikan, namun beberapa waktu kedepan Disparpora Kota Serang akan menambah kembali unit Bus Wisata Tubagus tersebut.

“Bus yang kita launching hari ini hanya satu, nanti tahun depan kita anggarkan dua dan target semuanya ada lima, Karena kita ada peta wisata di Kota Serang ini, peta wisata itu lah yang nanti yang akan jadi paket wisata” tambah Nursalim.

Kembali menambahkan, Nursalim menyampaikan bahwa Bus Pariwisata tersebut tidak dikenalan tarif alias Gratis, masyarakat hanya mendaftar terlebih dahulu sebelum menikmati Bus Wisata Tubagus tersebut.

“Kita tidak memasang tarif, bahkan mobil bus ini gratis, siapapun yang ingin memakainya diwajibkan mendaftar terlebih dahulu, nanti bikin surat saja dan kita akan jadwalkan, sekarang ini untuk sementara beroperasi selama seminggu hanya tiga kali beroperasi” ujarnya.

Berkenan hadir dalam kegiatan tersebut, Walikota Serang Syafrudin, Wakil Walikota Serang Subadri, Sekretaris Daerah Kota Serang Nanang Saefudin, serta seluruh kepal OPD serta Camat dan Lurah se Kota Serang.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *