Pemimpin Daerah Harus Intens Melaksanakan Terobosan dan Inovasi Demi Kemajuan Daerah dan Kesejahteraan Masyarakat

Penulis : Drs. Hamzah AS. MM. Pemerhati sosial, Ekonomi dan pendidikan

Penaindonews.com, kota serang, – Pemimpin daerah baik bupati, Walikota atau gubernur harus  dapat lebih intens dalam melakukan terobosan  atau inovasi dalam banyak hal, Inovasi tidak hanya dalam bentuk pembangunan sarana dan prasarana fisik saja, namun juga terkait pemberdayaan masyarakatnya.

Utamanya inovasi dan pembangunan ekonomi melalui berbagai usaha nyata dengan tujuan peningkatan pendapat keluarga atau berbasis usaha mandiri masyarakat. untuk mencapai hal tersebut setidaknya harus melakukan pembinaan dan pemberdayaan seperti yg diungkap oleh Peter Drucker. : 
1). Menemukan konseptual atas dasar kebutuhan yg multi manfaat

2) menentukan tujuan yg jelas akan pelaksanaan pembinaan dan pemberdayaan.

3).memulai dari ide-ide,  gagasan yang sederhana dan kepastian tercapainya dalam pelaksanaannya,

4).selalu berupaya melakukan penguatan gagasan serta melakukan diskusi dengan para pihak sehingga teruji dan meyakinkan terlaksana dan berdampak positif.

5). Selalu mengembangkan inovasi.

Relasi dan koneksi, memang pelaksanaan kegiatan inovasi pemberdayaan memerlukan berbagai fasilitas atau perangkat,  Fasilitas atau perangkat itu diantaranya seperti yang dikemukakan oleh. Bolt khusus untuk pemerajarsa membutuhkan :

1). Kemampuan intelektual/intellectual capabilities, para pioner dan pelaksananya mampu berpikir secara kausalitas dan kausaprima untuk menemukan ide sekaligus untuk implementasi serta  manajerial aplikasinya.

2).mampu bermasyarakat/csocialogical  capabilities terkait dengan penerapan  serta penanganan kasus di lapangan bersama masyarakat.

3).finansial capabilities kemampuan menemukan sumber pendanaan atau penanggulangan pembiayaan dan capital yang dibutuhkan juga termasuk handal dalam Manajerial skill.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *