Kantor Pertanahan Kota Serang Laksanakan Kegiatan Penyerahan Sertifikat  Dan Sosialisasi Pemetaan Terintegrasi

Penaindonews.com, Kota serang, -Kantor Pertanahan Kota serang menggelar kegiatan penyerahan Sertipikat Hak atas Tanah dan Sosialisasi pemetaan terintegrasi dalam rangka percepatan Pendaftaran Batas Tanah – Program Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap (PBT PTSL) TA. 2024 menuju Kota lengkap. Kegiatan berlangsung di Gedung Sagara Lugina Function Hall, Jl. Jagarayu No.19-16, Serang, Kecamatan Serang, Kota Serang, Banten. Kamis (12/09/2024).

Kegiatan ini di hadiri oleh Kepala Kantor Wilayah BPN Provinsi Banten, Sudaryanto, DPRD Kota Serang Syahrir Fauzi, Asda Kota Serang, Subagyo, Bappeda kota serang, Kepala Bidang Survei dan Pemetaan Kantor Wilayah Badan Pertanahan Nasional Provinsi Banten, Camat Taktakan Mamat Rahmat., Camat Serang Mashudi, Camat Kasemen Kristiyanto, 35 kepala kelurahan bersama pegawai dan Masyarakat Penerima Sertipikat Hak Atas Tanah PTSL Tahun Anggaran 2024.

Di sampaikan oleh Kepala Kantor Badan Pertanahan Kota Serang, Trias Wiriahadi, bahwa BPN kota serang melaksanakan kegiatan ini bertujuan untuk menyerahkan sertifikat dan melaksanakan sosialisasi terkait Pemetaan terintegrasi, dan dalam kesempatan ini akan di serahkan sebanyak 9 sertifikat secara simbolis, satu diantaranya adalah sertifikat Elektronik untuk kantor kelurahan kemanisan, dan total sisa sertifikat yang akan di serahkan sebanyak 460 sertifikat, yang akan di serahkan pada setiap kelurahan, dengan tujuan untuk menstimulus masyarakat lainya yang masih dalam proses kelengkapan berkas, serta pembuktian bahwa program PTSL serius adanya.” Ucap Trias Wiriahadi dalam sambutannya.

Masih, Trias Wiriahadi, untuk di ketahui bahwa layanan pertanahan di kota serang secara mandiri baru berjalan 2 tahun, namun dalam kurun waktu tersebut, sudah ada capaian nilai ekonomi, untuk di tahun 2023 sudah mencapai RP.1,6 T dan untuk tahun 2024 di prediksi capaian akan melebihi tahun 2023, pencapaian ini tentu atas peran aktif dari para camat dan kepala kelurahan serta dukungan dari masyarakat terhadap program PTSL , BPN kota serang menargetkan PTSL untuk SHP tahun ini 2500 SHP dan saat ini sudah mencapai 27% dan akan terus berupaya untuk maksimal. Ungkapnya.

Terakhir, Trias Wiriahadi, juga berharap hasil sosialisasi Pemetaan Terintegrasi ini, para peserta terutama para camat dan kepala kelurahan dapat menyampaikan Kepada masyarakat, sehingga masyarakat tidak ragu- ragu untuk mematok bidang tanahnya masing-masing sehingga memudahkan dalam proses pemetaan yang akan di laksanakan oleh para petugas dari BPN kota serang. ” Tutup nya.

Dalam sambutan DPRD kota serang , Syahril fauzi selaku ketua Fraksi Partai Demokrat kota serang, menyampaikan, mewakili DPRD kota serang sangat mengapresiasi atas terselenggaranya kegiatan ini dalam rangka mensukseskan program kementerian ATR/BPN terkait sertifikasi lahan tanah melalui program PTSL, sehingga masyarakat akan memiliki sertifikat atas hak lahan tanah yang akuntabel, dalam melaksanakan program PTSL ini tidak terlepas dari permasalahan teknis, untuk itu kedepan diharapkan adanya kolaborasi DPRD kota serang dengan BPN kota serang. ” Ungkapnya.

Selanjutnya, dalam sambutan Kepala Kantor Wilayah BPN Provinsi Banten, Sudaryanto, menyampaikan, perlu tindakan lebih lanjut dan pembentukan tim khusus dalam menyelesaikan tunggakan-tunggakan PTSL yang sebelumnya yang belum selesai, mengingat kota serang ini sebelumnya bergabung dengan Kabupaten serang, dengan terselesaikan tunggakan-tunggakan ini dan adanya penyerahan sertifikat PTSL kepada masyarakat sehingga masyarakat lebih yakin terhadap program PTSL , di samping itu sertifikat dapat di gunakan masyarakat sebagai agunan dalam modal usaha, dan efek lainnya kepada pemerintah daerah adanya pemasukan negara melalui PNBP dan PPHTB, dengan adanya sertifikat ini dapat meningkatkan perekonomian daerah. ” Ucapnya.

Masih , Sudaryanto, menjelaskan bahwa, ” ATR/BPN telah mencanangkan program sertifikat Elektronik yang telah di launching di awal Juli 2024 oleh kementerian ATR/BPN, dan BPN di Banten sudah menjalankan program sertifikat Elektronik tersebut, jika masih ada sertifikat analog , hal tersebut karena pendaftaran nya di bulan Juni, kegunaan sertifikat Elektronik sangat penting karena segala proses sudah berbasis Elektronik, sehingga lebih cepat, lebih murah dan lebih terpercaya, yang mana pelayanan sertifikat Elektronik akan lebih mudah karena melalui aplikasi, selain program sertifikat Elektronik, BPN Provinsi Banten akan merancang program kota lengkap, gunanya memastikan kepemilikan bidang tanah, luas tanah dan batas tanah sehingga memudahkan dalam mengidentifikasi.” Ungkapnya.

Selanjutnya acara Penyerahan Sertipikat HAT PTSL TA.2024 Secara Simbolis di serahkan oleh  Kepala Kantor Wilayah BPN Provinsi Banten, Sudaryanto, di lanjutkan pembukaan Kegiatan sosialisasi Pemetaan Terintegrasi dan Penataan Batas wilayah Desa/Kelurahan , dengan Narasumber di sampaikan oleh Gunawan Wibisana, dalam hal ini dijelaskan secara rinci, terkait makna serta tujuan dari pemetaan terintegrasi, oleh Gunawan WIbisana selaku narasumber, secara keseluruhan kegiatan berjalan dengan lancar dan mendapatkan antusias dari para peserta.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *