Pemdes Pegandikan Kecamatan Lebakwangi Utamakan Kebutuhan Prioritas Masyarakat Dalam Penyerapan DD

Penaindonews.com, Pegandikan, Kabupaten serang, – Pemerintah desa (Pemdes) Pegandikan kecamatan Lebakwangi, kabupaten serang, dalam penyerapan dan pengalokasian Dana Desa TA 2024 Tahap 1, Lebih mengutamakan kepentingan prioritas bagi masyarakat Pegandikan, terutama berkaitan dengan Pembangunan Sarpras dan Pemberdayaan masyarakat, hal ini di ketahui saat adanya kunjungan kerja media penaindonews.com di kantor desa Pegandikan. Jum’at (13/09/2024).

Di sampaikan oleh, Zarkasih, selaku kepala desa Pegandikan, bahwa pemerintah desa Pegandikan dalam menyerap dan mengalokasikan Dana Desa, terlebih dahulu memperhatikan hasil Musdes, yang mana menjadi kebutuhan prioritas masyarakat, terutama berkaitan dengan pembangunan Sarana dan prasarana, pemberdayaan masyarakat serta pengalokasian DD untuk BLT.

” Kami selaku pemerintah desa Pegandikan, selalu menilai mana yang masuk skala prioritas yang menjadi kebutuhan mendesak bagi masyarakat, terutama terkait pembangunan Sarpras dan Pemberdayaan masyarakat dalam penyerapan dan pengalokasian DD, kami juga mengalokasikan dana desa untuk Bantuan Langsung Tunai (BLT) bagi warga penerima manfaat atau warga yang sangat butuh bantuan, selain hal tersebut kami juga memanfaatkan DD untuk peningkatan SDM para kader dengan melaksanakan Bimtek atau pemberdayaan, pemberian makanan tambahan(PMT) bagi bayi dan ibu hamil. ” Ucap Zarkasih.

Dokumentasi Penyerapan BLT-DD kepada Warga penerima manfaat

Masih, Zarkasih, ” Untuk di ketahui dalam penyerapan DD TA 2024 Tahap 1, Pemdes Pegandikan membangun TPS (Tempat Pembuangan Sampah) KP.Pegandikan RT.07/02 Volume (4Mx3Mx1,75M), Pembangunan TPT Kp. Pegandikan RT02/01 Volume (600mX0.35mX0,70m), pemeliharaan saluran irigasi kp.pegandikan RT.01-10 Volume (800mX0.9mX0.45m), Pembangunan gardu/gubuk di 6 RT (RT.2,4,5,6,7,8), selain pembangunan tersebut kami juga alokasikan dana untuk pemberdayaan perempuan (Kader PKK dan posyandu) dan pelatihan UMKM, Bimtek pertanian serta pelatihan pencegahan Stunting, insentif kader dan supir ambulance, di samping itu pembagian BLT kepada 46 KPM. ” Ungkapnya.

Terakhir, kepala desa Pegandikan, mengapresiasi kepada pemerintah pusat maupun daerah, yang telah menggelontorkan ADD untuk desa Pegandikan, yang mana DD tersebut sangat di butuhkan untuk pembangunan sarpras dan pemberdayaan masyarakat di desa Pegandikan, Karana menurut nya pembangunan sarana dan prasarana serta peningkatan SDM melalui pemberdayaan masyarakat, faktor penentu bagi kemajuan suatu daerah dan kesejahteraan masyarakat. Ungkap Zarkasih.

Dokumentasi pembangunan sarpras

Sementara, Asep suryana ketua BPD desa Pegandikan , menyampaikan apresiasi kepada pemerintah desa Pegandikan karena dinilai dapat mengalokasikan DD tepat sasaran, dan selalu melibatkan BPD dalam setiap kegiatan desa maupun dalam musyawarah desa.

” Selaku Ketua BPD desa Pegandikan, kami mengapresiasi kinerja aparatur desa Pegandikan terutama kepala desa, pasalnya dapat memilih mana yang menjadi kebutuhan prioritas masyarakat dalam pengalokasian dana desa, kami rasa Penyerapan DD ini di nilai sudah baik dan tepat sasaran, di samping itu kami selaku BPD selalu dilibatkan dalam setiap kegiatan desa, baik terkait kegiatan musyawarah, maupun kegiatan pembangunan desa dan pemberdayaan masyarakat hingga pembagian BLT, jadi peran pengawasan kami selaku BPD benar-benar di perlukan dan di berdayakan. ” Ucap Asep suryana.

Senada dengan ketua BPD, tokoh masyarakat desa Pegandikan, Waksal, mengatakan, bahwa mewakili warga mengapresiasi kepada pemdes Pegandikan, karena telah melaksanakan pembangunan sesuai dengan keinginan warga yang di tuangkan dalam musyawarah desa, terkait pembagian yang di laksanakan oleh pemdes memang masih belum menyeluruh sesuai usulan warga, karena adanya keterbatasan anggaran, namun dari beberapa pembangunan yang telah terealisasi, memang sangat di butuhkan warga di samping itu dalam setiap pembangunan selalu melibatkan warga lingkungan, salah satu contoh nya pembagunan TPT, dan irigasi serta tempat pembuangan sampah, yang mana sampah bila tidak ada tempat pembuangan maka akan memicu timbulnya berbagai macam penyakit,dan sangat sulit untuk mencapai lingkungan yang sehat dan bersih.” Ucap waksal.

Dokumentasi PMT, posyandu dan Jumsih

Berdasarkan monitoring, media di lokasi dan informasi yang dapat di akomodir dari masyarakat, tokoh masyarakat dan ketua BPD serta keterangan yang di sampaikan oleh kepala desa Pegandikan, di nilai dalam penyerapan DD oleh pemdes Pegandikan, di nilai tepat sasaran dan sesuai kebutuhan warga, namun masih banyak pembangunan yang di butuhkan oleh desa Pegandikan untuk menjadi desa yang maju dangan masyarakat yang sejahtera, tentu hal ini harus di topang oleh kebijakan pemerintah terutama berkaitan dengan pengalokasian dan penambahan Dana Desa.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *