Proyek Pembangunan Drainase P3 TGA-I Kelompok Tani “Wana Maju” Kelurahan Sukawana, Di Duga Tabrak Aturan

Penaundonews.com, Kota serang, – ,(Rabu/16/10/2024), Proyek Program Percepatan Peningkatan Tata Guna Air Irigasi (P3A-TGAI) Saluran Irigasi Balai Besar Wilayah Sungai Cidanau-Ciujung-Cidurian melalui kementrian Pekerjaan Umum Perumahan Rakyat Direktorat Jendral Sumber Daya Air, yang dilaksanakan oleh kelompok tani “P3A Wana Maju” di lingkungan Kebanyakan Kel. Sukawana di duga tidak sesuai spesifikasi dan minim pengawasan.

Saat awak media datang ke lokasi pekerjaan (Rabu/09/2024), terlihat dalam pengerjaannya proyek tersebut diduga untuk pemasangan batu pondasi bangunan tidak digali terlebih dahulu, batu hanya disusun diatas tanah lempung, kemudian dikasih adukan (semen+pasir) yang kemungkinan untuk kwalitas hasilnya pun masih dipertanyakan, dan di duga tidak sesuai dengan ketentuan di R.A.B

Dan untuk mencari informasi, awak media mengkonfirmasi ke salah satu petukang yang tidak disebutkan namanya, dirinya berdalih, bahwa untuk pemasangan batu pondasi dasar sudah digali.

“untuk pemasangan batu pondasi dasar sudah digali pak, tapi untuk lebih jelasnya bapak tanya saja sama pak Haji Ali, sebagai pengelola proyek ini, saya hanya bekerja pak, tidak tahu apa-apa” ucap salah satu petukang.

Dan pada saat awak media menemui Haji Ali dirumahnya, dirinya menjelaskan, bahwa sebenernya untuk petukang, saya sudah mengarahkan, agar pondasi dasar harus di gali terlebih dahulu sebelum ditancapkan batu cakup.

“Sebenernya saya sudah mengarahkan ke petukang, agar pondasi bangunan di gali terlebih dahulu, sebelum penancapan batu cakup, tapi karena petukangnya susah diarahin, saya juga bingung,  apalagi pekerjaan ini saya sudah ganti petukang 3 kali dengan yang sekarang, saya khawatir nanti petukangnya kabur lagi, karena sekarang nyari petukang susah, apalagi kalau bayarannya murah pak. Ungkapnya


Perlu diketahui Program P3A-TGAI bersumber dari
Dana : APBN Th.2024, dengan Nilai anggaran : Rp. 195.000.000,- (seratus sembilan puluh lima juta rupiah)
No PKS : HK.02.03/050/PKS/Az.05.03/IX/2024,
Waktu pelaksanaan : 45 (Hari kalender).
Lokasi : Link Kebanyakan Kel. Sukawana Kec. Serang Kota Serang-Banten
Pelaksana : P3A Wana Maju

Pembangunan saluran irigasi dilingkungan Kel.Sukawana sebenarnya sangatlah membantu kepada para petani dilingkungan tersebut, akan tetapi dalam pelaksanaannya dinilai sangat miris sekali, dan terkesan asal jadi, dan jangan sampai proyek kementrian (P3A-TGAI) ini hanya dijadikan lahan bisnis untuk mencari keuntungan semata, tanpa memikirkan nilai manfaat  jangka panjang untuk para petani.


Untuk melengkapi berita ini, awak media akan mendatangi Balai Besar Wilayah Ciujung-Cidahu-Cidurian dan dinas terkait untuk konfirmasi serta mencari informasi selanjutnya.



By: Badri

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *