Pemerintah kecamatan Walantaka Sosialisasi kegiatan Kampung Resik Lan Aman Di Kelurahan Kalodran

Penaindonews.com, Kota serang, – Dalam rangka menghadapi perlombaan Kampung Resik Lan Aman (KRLA), tingkat kota serang, pemerintah kecamatan walantaka melaksanakan sosialisasi terkait KRLA di Aula kantor kelurahan kalodran kecamatan walantaka, kota serang. Jum’at 16/08/2024.

Kegiatan ini menghadirkan narasumber Yetty Hermans, SKM,M.Si, selaku kasi Pengendali Dampak Lingkungan Dinas Lingkungan Hidup Kota serang, turut hadir sekmat Walantaka Roni Rohimat, bersama kasi P3 kecamatan walantaka, Bastari, kepala kelurahan kalodran Asrori bersama sekretaris kelurahan kalodran dan para stap, ketua RT dan RW, para kader PKK , masyarakat lingkungan, serta bhabinkamtibmas dan Babinsa.

Di sampaikan oleh sekmat Walantaka, Roni Rohimat, bahwa perlombaan kampung resik lan aman tingkat kota serang, merupakan  program unggulan pemerintah kota serang dalam upaya memberikan kesadaran dan pemahaman kepada masyarakat kota serang  agar dapat selalu menjaga keamanan dan ketertiban lingkungan serta berperilaku hidup bersih dan sehat.” Ucap Roni Rohimat dalam sambutannya.

Lebih lanjut, Roni Rohimat, menghimbau agar masyarakat khususnya lingkungan yang turut serta dalam perlombaan agar dapat mempersiapkan lingkungannya agar dapat masuk katagori sesuai standar penilaian tim dewan juri sehingga dapat masuk dalam nominasi juara, di tegaskan oleh Sekmat walantaka bahwa dalam momentum perlombaan KRLA, warga dapat mengambil hikmah dari program perlombaan KRLA tersebut sehingga dapat di terapkan dalam kehidupan sehari-hari. ” Ungkap nya.

Sementara, Narasumber Yetty Hermans, SKM,M.Si, selaku kasi Pengendali Dampak Lingkungan Dinas Lingkungan Hidup Kota serang, menyampaikan terkait persiapan bagi lingkungan yang akan turut diperlombakan dalam program perlombaan KRLA, diantaranya bagaimana kriteria lingkungan yang resik dan bagaimana kriteria Lingkungan yang aman, sehingga persiapan tersebut sesuai yang diharapkan dan masuk dalam katagori penilaian dewan juri. Ucapnya.


PEDOMAN PENILAIAN KAMPUNG RESIK LAN AMAN yang di sampaikan oleh Yetty Hermans

LATAR BELAKANG

– Isu lingkungan yang kotor, pengelolaan sampah yang tidak tepat, sungai sungai yang sudah tercemar, tingkat polusi udara yang tinggi, tingkat keamanan yang rendah dan ketidaknyamanan banyak ditemukan di berbagai daerah,

– Menanamkan kesadaran dan kepedulian masyarakat maupun keterlibatan secara langsung dalam pengelolaan lingkungan melalui program-program terkait

– Program Kampung Resik Lan Aman adalah program unggulan Pemerintah Kuta Serang, dengan tujuan untuk memberikan kesadaran kepada masyarakat Kota Serang, agar bisa menciptakan lingkungan yang bersih dan aman

– Program Kampung Resik Lan Aman juga merupakan upaya Pemerintah untuk mendorong terciptanya suatu lingkungan perkampungan masyarakat yang berwawasan lingkungan bersih, sehat, serta tercukupinya fasilitas sanitasi dan prasarana lingkungan yang memadai, permukiman layak huni dan tertata rapi aman dan tertib, tingkat kehidupan sosial ekonomi masyarakat yang cukup baik, serta senantiasa menjaga semangat jiwa gotong-royong, nilai-nilai kesetiakawanan sosial, adat istiadat dan norma-norma hukum dalam kehidupan bermasyarakat. berbangsa den bernegara yang lebih berakhlak dan berbudaya.

– Sebagian besar masyarakat masih menganggap masalah lingkungan adalah masih lingkungan adalah masih menjadi tanggung jawab dawi Pemerintah, sehingga peran serta masyarakat masih minim dalam menjaga kelestarian lingkungan hidup.

TUJUAN LOMBA KRLA

1.Menciptakan permukiman dengan lingkungan bersih, sehat dan mandiri dalam mengolah limbah dan perencanaan sanitasi rumah tangga sehingga terciptanya lingkungan yang layak huni.

2.Terbentuknya kaderisasi warga peduli lingkungan yang memiliki bekal pengetahuan dan keterampilan teknis dasar dalam mewujudkan lingkungan bersih dan sehat

3.Menghadirkan masyarakat yang peduli akan lingkungan bersih dan sehat.

4.Mengoptimalkan penggunaan bank sampah di lingkungan sehingga bisa menjadi salah satu pendapatan warga.

5.Menciptakan permukiman yang aman, tertib, dan bebas narkoba

KATEGORI PENILAIAN

Ada lima kategori penilaian Kampung Resik Lan Aman, untuk penilaian pada tahun 2024 yaitu:

1. Lingkungan paling berbunga, hijau/tutupan lahan, dan aman,

2. Lingkungan terinovatif dan aman, termitigasi dan teradaptasi

3. Partisipasi masyarakat terbaik

4. Pengelolaan pemuda penggerak lingkungan terbaik

5. Pengelolaan pemuda penggerak lingkungan sadar hukum.

Masih dalam kegiatan sosialisasi, Kepala kelurahan Kalodran Asrori, menyampaikan bahwa selaku pemerintah kelurahan kalodran dan masyarakat, sangat mendukung terkait program pemerintah kota serang mengenai Perlombaan kampung resik lan aman (KRLA) tingkat kota serang, yang merupakan salah satu program unggulan Pemkot serang.

” Kami pemerintah kelurahan kalodran bersama masyarakat , sangat mendukung program perlombaan KRLA ini, mengingat perlombaan KRLA ini adalah salah satu program unggulan pemerintah kota serang, dalam menggapai terciptanya kondusifitas kamtibmas ditengah masyarakat dan memberikan pemahaman dan kesadaran masyarakat terkait penting nya menjaga kebersihan lingkungan dan perilaku hidup bersih dan sehat, kami juga melihat bahwa masyarakat sangat antusias dalam menghadapi perlombaan ini, terlihat jelas warga bahu membahu dalam membenahi lingkungan dan menciptakan inovasi, kami berharap upaya warga ini dapat membuahkan hasil dan masuk dalam nominasi juara. ” Ungkap Asrori.

Dalam kegiatan tersebut disisipi sesi tanya jawab antara narasumber dan para peserta, kegiatan secara keseluruhan berjalan dengan lancar.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *