Memperihatinkan,,, Taman pariwisata Situ ciwaka Di Duga Luput Dari Perhatian

Penaindonews.com, Kota serang,-| Kondisi terkini Taman Wisata Situ Ciwaka, yang terletak di kelurahan pengampelan kecamatan Walantaka, kota serang, provinsi Banten, yang dulunya menjadi kembanggaan masyarakat kecamatan Walantaka, kini sangat memperhatikan dan diduga tidak terurus dan luput dari perhatian petugas maupun instansi terkait.

Dilokasi yang dulunya ada taman baca dan taman selfy, kini beralih Fungsi menjadi semak belukar dan menjadi ekosistem habitat liar seperti ular dan tikus, hal ini di ketahui ketika awak media mendatangi lokasi, Selasa (15/02/2022).

Saat dikonfirmasi melalui telepon seluler ketua kelompok sadar wisata (Pokdarwis) SELAMET IPNU HADI mengatakan bahwa semenjak pandemi covid-19 memang taman situciwaka tidak ada yang merawat, sehingga taman yang terbuat dari bahan bambu itu disinyalir hancur di makan rayap seiring dengan datangnya musim hujan.

” Iya karena waktu itu lagi masa pandemi, jadi tidak ada yang merawat taman pariwisata Situ ciwaka, kemungkinan taman yang ada itu di makan rayap ya maklum pak, Karana terbuat dari bambu, itu pun hasil dari swadaya, karena kan kita tidak bisa sendirian pak untuk membangun situciwaka itu, ucapnya.

Sementara di lokasi ketua LMPI kecamatan Walantaka, Sahrudin bersama anggota berinisiatif untuk melaksanakan kerja bakti untuk berupaya mengembalikan fungsi awal, dengan melaksanakan gotong-royong untuk membersihkan dan membuat tempat duduk dan pot bunga dengan material bangunan yang cukup kuat sehingga tidak mudah rusak.

” Saya melihat situciwaka ini sangat berpotensi, apa lagi situciwaka ini menjadi, kembanggaan kecamatan Walantaka, tentunya sangat disayangkan apabila tepat yang berpotensi seperti ini terbengkalai untuk itu kita memulai untuk bergotong royong.” ungkap Sahrudin ketika ditemui.

Lebih lanjut Sahrudin mengatakan, ” saya bersama anggota LMPI kecamatan Walantaka berserta Lintas media, mencoba bergerak, untuk memperindah taman pariwisata Situ ciwaka ini, dengan cara bergotong royong, saya berharap kepada instansi terkait baik dari pemerintah dan masyarakat agar mau bekerjasama untuk membangun situciwaka, dan mengembalikan seperti fungsi awal, sebagai salah satu objek wisata alam dan objek taman wisata bagi masyarakat walantaka khususnya, sehingga berpotensi untuk meningkatkan perekonomian masyarakat dan tentunya berpengaruh pada pendapat daerah. ” tegas beliau.

Sahrudin kembali menegaskan, ” Perlu di garis bawahi situ Ciwaka , bila di bangun dan di kelola dengan baik dapat merangsang pertumbuhan ekonomi masyarakat melalui sektor pariwisata,Pertanian dan perairan, karena situ Ciwaka selain sebagai sumber air bagi persawahan dapat juga di kelola untuk budidaya ikan, selanjutnya dapat di bangun sarana pariwisata air di lokasi serta taman di sekelilingnya, tentu hal ini menunggu pemangku kebijakan agar aset provinsi Banten yang berada di kota serang ini dapat berdaya guna bagi masyarakat kota serang khususnya dan Provinsi Banten umumnya. ” Tutup JAFRA panggilan akrab Sahrudin.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *