Simulasi Pemilihan Kepala Pekon (Pilkakon) Dihadiri Kapolres Pringsewu

penaindonews.com. Pringsewu| Kapolres Pringsewu AKBP Rio Cahyowidi, S.IK, M.IK yang diwakili Kabag Ops Kompol Martono, SH, MH menghadiri kegiatan simulasi pemilihan kepala Pekon (Pilkakon) secara digital atau e-voting di balai Pekon Wonodadi, Gadingrejo, Pringsewu. Rabu (11/5/22)

Selain jajaran Kepolisian, simulasi Pilkakon juga dihadiri sejumlah forkopimda, yaitu Bupati Pringsewu, ketua DPRD, Dandim 0424 dan Kajari Pringsewu.

Kegiatan juga disaksikan sejumlah tamu undangan antara lain Kadis PMDT Provinsi Lampung, para ketua OPD, Para Camat, Para Calon Kepala Pekon, panitia pilkakon, masyarakat

Simulasi pilkakon secara e-voting yang digadang-gadang baru pertama kali dilaksanakan di Indonesia tersebut, dipandu langsung oleh tim teknis smart village Provinsi Lampung

Kapolres Pringsewu AKBP Rio Cahyowidi melalui Kabag Ops Kompol Martono mengatakan, Pilkakon rencananya akan digelar pada 18 Mei mendatang, akan diikuti oleh 55 calon dan berlangsung di 19 Pekon yang tersebar di 8 kecamatan.

Guna menjamin stabilitas keamanan saat berlangsungnya pilkakon, Polres Pringsewu sudah menyiapkan sekenario pengaman dan personel.

Meskipun tidak menjelaskan secara rinci teknis pengamanan, orang nomor tiga ditubuh Polres Pringsewu tersebut menegaskan, kepolisian dengan di backup TNI telah siap mengamankan jalannya pesta demokrasi tingkat Pekon tersebut.

“Tujuannya adalah memastikan keamanan, kelancaran, ketertiban dan juga memastikan tidak adanya pelanggaran prokes pencegahan Covid-19 dalam hal pelaksanaan Pilkakon di Kabupaten Pringsewu,”jelas Kompol Martono, saat ditemui lokasi simulasi.

Ditambahkan Kabag Ops, terkait pemetaan kerawanan Pilkakon, pihaknya telah melakukan identifikasi awal wilayah-wilayah rawan termasuk geografis wilayah sehingga setiap TPS berbeda jumlah personel yang mengamankannya tergantung kriteria tersebut.

“Tentunya hal itu tidak dapat disampaikan ke publik. Namun kami sudah ada kriteria-kriterianya mulai dari kurang rawan, rawan dan sangat rawan. Semoga saja perkiraan tersebut, rawannya karena faktor geografis. Kita berharap bersama dan berdoa bersama, semoga Pilkakon di kabupaten Pringsewu aman, tertib dan bebas dari Covid-19,” pungkasnya.(EDI WIJAYA)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *