Walikota serang dan Sejumlah Pejabat Pemkot Serang Hadiri Rapat Paripurna DPRD, Banyak keberhasilan yang di capai Pemkot Serang

Penaindonews.com, Kota serang, – Walikota Serang Syafrudin dan Wakil Walikota Serang Subadri bersama Sekretaris Daerah Kota Serang Nanang, hadiri Rapat Paripurna DPRD, yang bertempat di Ruang Paripurna DPRD Kota Serang, bersamaan dengan Memperingati Hari Jadi Ke-16 Kota Serang, Kamis (10/8/2018).

Dalam Rapat Paripurna tersebut turut hadir selain Walikota Serang bersama wakil walikota serang dan Sekda Kota Serang, tampak hadir pada kesempatan tersebut Sekda Provinsi Banten, Ketua DPRD Kota Serang Dan FORKOPIMDA Kota Serang serta Tokoh Masyarakat.

Dalam sambutannya Wali Kota Serang Syafrudin, menyampaikan, mewakili pemerintah kota serang berterimakasih kepada pihak-pihak yang telah membantu dan berkontribusi dalam menjalankan penyelenggaraan Pemerintah Daerah.

“Mewakili pemerintah kota serang, mengapresiasi dan berterima kasih kepada semua pihak yang telah bekerja sama dalam menjalankan penyelenggaraan Pemerintahan Daerah, kepada seluruh masyarakat Kota Serang dan tak lupa para penggagas dan pendiri terbentuknya Kota Serang, yang telah mencurahkan segala daya dan upaya serta pemikirannya, sehingga Kota Serang semakin tumbuh dan berkembang sesuai dengan harapan yang kita inginkan bersama.” Ucap Syafrudin.

Dijelaskan oleh walikota Serang, bahwa Kota Serang dibentuk berdasarkan UU No 32 Tahun 2007 tentang Pembentukan Kota Serang Di Provinsi Banten, yang ditetapkan pada tanggal 10 Agustus Tahun 2007, dimana pada tanggal tersebut dijadikan rujukan untuk menerbitkan Peraturan Daerah Kota Serang Nomor 2 Tahun 2008 tentang Hari Jadi Kota Serang.

Dalam HUT kota serang ke-16, mengangkat tema, “Terus Melaju Untuk Pembangunan Kota Serang Berkelanjutan,” Tema tersebut dipilih sebagai upaya menegaskan tekad dan semangat untuk terus bergerak maju dalam membangun kota yang lebih baik dan berkelanjutan bagi seluruh masyarakat. ” Tutur Syafrudin.

Lebih lanjut walikota serang, memaparkan bahwa, Dalam perjalanan menuju Kota Serang yang berkelanjutan, semua memiliki peran penting, mari bersama-sama berkolaborasi, berinovasi, dan bergandengan tangan untuk melangkah lebih maju. dengan semangat gotong royong dan kebersamaan, hal ini merupakan kunci keberhasilan.
Mencermati perkembangan perekonomian daerah dapat memberikan gambaran tentang tingkat kemajuan pencapaian.


Kondisi Perkembangan Perekonomian Daerah Kota Serang tersebut adalah sebagai berikut:
1. Angka Pertumbuhan Ekonomi Kota Serang Pada Tahun 2022 Mengalami Peningkatan Menjadi 4,71%,
2. Produk Domestik Regional Bruto (PDRB) Perkapita Pada Tahun 2022 Mencapai 50,98 Juta Rupiah,
3. Laju Inflasi Kota Serang Pada Tahun 2022 Sebesar 7,22% Dan Inflasi Dapat Ditekan Sampai Dengan Juli 2023 Menjadi Sebesar 3,24%.
4. Indeks Pembangunan Manusia (IPM), Sebesar 72,98 Poin,
5. Tingkat Pengangguran Di Kota Serang Pada Tahun 2022 Sebesar 8,17%, Atau Mengalami Penurunan Dibandingkan Tahun Sebelumnya Yang Sebesar 9,41%,
6. Pada Tahun 2022 Tingkat Kemiskinan Sebesar 5,94%, Hal Ini Mengalami Penurunan Dibandingkan Tahun 2021 Yang Sebesar 6,79%.

Kota Serang Memperoleh Berbagai Prestasi, Diantaranya :
1. Penghargaan Kota Terinovatif Pada Penganugerahan Innovation Goverment Award (IGA) Kementerian Dalam Negeri Ri.
2. Penghargaan Kota Layak Anak (KLA) Tingkat Pratama Dari Kementerian Pemberdayaan Perempuan Dan Perlindungan Anak;
3.Penghargaan Dwija Praja Nugraha Atas Perhatian Dan Komitmen Dalam Memuliakan Guru Dan Memajukan Pendidikan Di Kota Serang Dari Ketua Umum Pengurus Besar PGRI.
4. Penghargaan Anugerah Parahita Eka-Praya Kategori Madya, Dari Kementerian Pemberdayaan Perempuan Dan Perlindungan Anak ;
5. Meraih Predikat Opini WTP (Wajar Tanpa Pengecualian) Atas Laporan Keuangan Tahun 2022 Dari BPK – RI, Selama Kepemimpinan Kami Sebanyak 6 Kali Secara Berturut – Turut.
6. Penghargaan Katagori B Pada Hasil Penilaian Reformasi Birokrasi Kementerian PAN-RB RI.
7. Hasil Penjaminan Kualitas (Quality Assurance) Atas Penilaian Mandiri Kapabilitas Apip Inspektorat Kota Serang,Berhasil Mencapai Level 3 (Integrated) Pada Semua Elemen Terkait Peran Layanan, Pengelolaan Sumber Daya Manusia, Praktek Profesional, Akuntabilitas Dan Manajemen Kinerja, Budaya Dan Hubungan Organisasi Dan Struktur Tata Kelola, Dari BPKP-RI.
8. Penghargaan Kota Serang Termasuk Zona Hijau Dalam Penilaian Kepatuhan Penyelenggaraan Publik Dari Ombudsman Ri.
9. Penghargaan Komitmen Dalam Mencapai UHC (Universal Health Coverage) 98,15 % Dari BPJS Kesehatan.
10. Penghargaan Pemerintah Daerah Dengan Realisasi Terbesar Di SIPD Se-Indonesia Dari Kementerian Ri,
11. Penghargaan LPPD (Laporan Penyelenggaraan Pemerintah Daerah) Peringkat Ke-7 Se-Indonesia,
12. Penghargaan Atas Kinerja Terbaik Dalam Pengendalian Inflasi Pada Periode 1 Tahun 2023
13. Penghargaan Kota Peduli HAM Dari Kementerian Hukum Dan HAM Ri,
14. Mendapatkan Predikat Terbaik Penilaian EPPD (Evaluasi Penyelenggaraan Pemerintah Daerah) Dari Kementerian Dalam Negeri Ri,
15. Penghargaan Bebas Frambusia, Pemkot Serang Komitmen Jaga Kebersihan Lingkungan Oleh Kementerian Kesehatan Ri,
16. Penghargaan Badan Public Informatif Dalam Pelaksanaan Uu No. 14 Tahun 2008 Tentang Keterbukaan Informasi Publik Tingkat Pemerintah Kabupaten / Kota Se-Provinsi Banten,
17. Penghargaan Katagori Baik Ke-2 Dalam Mengelola Keuangan Dan Aset Daerah Kabupaten/Kota Tingkat Provinsi Banten, Dan
18. Penghargaan Peringkat Terbaik 2 Penyampaian Data Gaji Dan Ketetapan Penyetoran Iuran Wajib Pegawai (IWP), JKK Dan JKM Dari PT. TASPEN.
19. Penghargaan Dari Balai Guru Penggerak Provinsi Banten, Kemendikbudristek, Dirjen Guru Dan Tenaga Kependidikan, Sebagai Kota Yang Responsif Terhadap Program Guru Penggerak Dengan Predikat Kota Abhinaya
Selama hampir 5 tahun dalam kepemimpinan Walikota Dan Wakil Walikota Kota Serang telah berhasil memperoleh sebanyak 52 penghargaan.

Masih walikota serang, ” Kami mengharapkan, agar semua Perangkat Daerah dan seluruh Stakeholders serta elemen masyarakat terus bisa bekerja sama membangun koordinasi yang baik, sehingga apa yang kita cita-citakan dapat terwujud.

Kami telah mencapai keberhasilan yang luar biasa dalam penyelenggaraan pemerintahan demi kesejahteraan masyarakat dan kemajuan kota serang. namun, perjalanan belum berakhir, masih banyak hal yang perlu dilakukan untuk meningkatkan infrastruktur, pelayanan publik, mendukung sektor pendidikan, kesehatan dan perekonomian daerah, serta menciptakan kondisi lingkungan yang lebih baik untuk seluruh masyarakat Kota Serang.

““Dirgahayu Ke-16 Kota Serang”, Mari Kita Jadikan Peringatan Hari Jadi Ke-16 Kota Serang Sebagai Momentum Untuk Bersama-Sama Berjuang Menuju Masa Depan Yang Lebih Baik, Lebih Berdaya, Dan Berkelanjutan.” tutup Syafrudin

(PROKOPIMSETDA/RED)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *