Koramil 0602-04/Taktakan Bersama warga Gelar Karya Bakti Di Monumen Pertempuran Cijentul

Penaindonews.com, Serang – Dalam rangka menyambut Hari Ulang Tahun (HUT) Republik Indonesia (RI) Ke-78 Tahun 2023, Koramil 0602-04/Taktakan Kodim 0602/Serang bersama-sama dengan warga melaksanakan kegiatan Karya Bakti (Karbak), pembersihan dan pengecetan ulang Monumen Pertempuran Cijentul, bertempat di Kampung Pereng  Kelurahan Cibendung Kecamatan Taktakan Kota Serang Provinsi Banten, Jum’at (11/08/2023).

Komandan Koramil (Danramil) 0602
-04/Taktakan Kapten Inf Farid Hajiri menyampaikan ucapan terima kasih, kepada warga yang telah bersama-sama menjaga dan merawat, monumen perjuangan yang sangat bersejarah. Tentunya melalui kegiatan ini, mengingatkan semua elemen masyarakat agar mengenang jasa-jasa para pahlawan,  yang telah berjuang mengorbankan jiwa dan raga. Merebut dan mempertahankan, kemerdekaan Bangsa Indonesia.

” Sesuai pesan dari Presiden Pertama kita Soekarno yang  biasa dipanggil Bung Karno, mengungkapkan bahwa bangsa yang besar adalah bangsa yang menghormati jasa para pahlawan. Monumen inilah salah satu sejarah yang tidak boleh dilupakan, karena disini salah satu tempat para pendahulu kita, berjuang mempertahankan kemerdekaan,” ungkapnya.

Lebih lanjut Kapten Inf Farid Hajiri menjelaskan, TNI memiliki jiwa patriotisme yang tinggi, dalam menjaga keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI). Tidak hanya itu saja, TNI juga rela berkorban jiwa dan raga untuk menjaga NKRI, demi tetap berkibarnya bendera Merah Putih dari Sabang sampai dengan Merauke.

Sementara itu, salah seorang Tokoh Masyarakat Kampung Pereng Hj.Indahwati.se.s.Pd.MM mengatakan, Monumen Pertempuran Cijentul adalah tempat sejarah pertempuran Rakyat bersama Pasukan Loreng TNI AD, yang terjadi pada 29 Desember 1948 melawan Tentara Kerajaan Belanda.

” Dimana isi prasasti Monumen Pertempuran Cijentul tersebut, ” Disinilah Rakyat Bersama-sama Pasukan Loreng Dari TNI-AD. Pertempuran Penghadangan Pergerakan Pasukan Tentara Kerajaan Belanda”, yang diresmikan pada tanggal 20 Mei 1976 oleh Muspida Kabupaten Serang.

” Kami merasa sangat bangga dengan adanya Monumen Pertempuran ini, yang lebih membanggakan lagi adalah bersama-sama Koramil 0602-04/Taktakan, merawat dan menjaga bukti sejarah perjuangan Rakyat bersama-sama pasukan loreng dari TNI-AD,” pungkasnya.

(Pendim 0602/Serang)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *