95 Warga Kelurahan Nyapah Terima Sertifikat Tanah Buah Program PTSL

Penaindonews.com, Nyapah, Kota Serang, – 95 warga kelurahan Nyapah kecamatan Walantaka kota serang, akhirnya menerima sertifikat tanah buah dari program PTSL yang menjadi  program Kementerian ATR/BPN RI (Kementerian Agraria dan Tata Ruang / Badan Pertanahan Nasional Republik Indonesia) , yang terealisasi melalui BPN Kota serang, kegiatan berlangsung Jum’at sore 03/05/2024, di kantor kelurahan Nyapah

PTSL adalah salah satu program pemerintah yang memudahkan masyarakat untuk mendapatkan sertifikat tanah secara gratis. Sertifikat cukup penting bagi para pemilik tanah, tujuan PTSL adalah untuk menghindari sengketa serta perselisihan di kemudian hari PTSL singkatan dari Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap.

Metode PTSL ini merupakan inovasi pemerintah melalui Kementerian ATR/BPN untuk memenuhi kebutuhan dasar masyarakat: sandang, pangan, dan papan. Program tersebut dituangkan dalam Peraturan Menteri No 12 tahun 2017 tentang PTSL dan Instruksi Presiden No 2 tahun 2018.

Di sampaikan oleh Aminudin, selaku kepala kelurahan Nyapah, dirinya sangat mengapresiasi atas keberhasilan BPN kota serang dalam merealisasikan sebanyak 95 sertifikat tanah melalui program PTSL, bagi warga kelurahan Nyapah.

” Selaku pemerintah kelurahan Nyapah, mewakili masyarakat mengucapkan terima kasih dan apresiasi kepada BPN kota serang yang telah menyerahkan sebanyak 95 sertifikat tanah melalui program PTSL tahun 2023, tentu hal ini sangat berarti bagi masyarakat, di samping itu dapat meminimalisir terjadinya sengketa lahan tanah, kami juga berharap bagi warga yang telah menerima sertifikat tanah dapat menjaga dan menggunakan nya secara bijak, dan bagi warga yang belum memiliki sertifikat tanah agar dapat segera mendaftar pada program PTSL tahun 2024. ” Ucap aminudin.

Masih dalam kegiatan tersebut, Ardian Bimantara, selaku Ketua Tim 2 program PTSL BPN kota serang, menjelaskan Bahwa dirinya bersama tim, menyerahkan sebanyak 95 sertifikat tanah program PTSL kepada masyarakat kelurahan Nyapah.

” Hari ini kami menyerahkan sebanyak 95 sertifikat tanah program PTSL tahun 2023 kepada masyarakat kelurahan Nyapah, untuk tahun 2023 dikota serang melalui program PTSL menargetkan sebanyak 2000 sertifikat, sedangkan untuk tahun 2024 BPN kota serang menargetkan 2500 sertifikat tanah program PTSL untuk masyarakat sekota serang yang terbagi di beberapa kelurahan, program ini akan terus berlanjut hingga masyarakat kota serang semua dapat memiliki sertifikat tanah. ” ucap Ardian Bimantara.

Masih Ardian Bimantara, ” Untuk pengambilan sertifikat tanah program PTSL ini , warga harus membawa bukti AJB dan KTP, guna menghindari dan meminimalisir tingkat kesalahan, serta memastikan kepemilikan tanah, kami berharap kepada masyarakat kota serang yang belum memiliki sertifikat tanah agar dapat turut mendaftarkan tanahnya pada program PTSL tahun 2024, mengingat BPN kota serang menargetkan sebanyak 2500 sertifikat. ” imbuhnya.

Barun, salah satu warga kelurahan Nyapah yang mendapatkan sertifikat tanah program PTSL BPN kota serang, menyampaikan bahwa dirinya sangat berterima kasih kepada pemerintah kelurahan Nyapah dan BPN kota serang, karena dirinya telah menerima sertifikat tanah, menurut nya program kementerian ATR/BPN ini sangat membantu masyarakat  dalam mendapatkan sertifikat tanah.

Kegiatan berjalan dengan lancar, serta mendapat antusias dari warga kelurahan Nyapah.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *