Setelah Menunggu 8 Tahun Warga Kelurahan Kepuren Gelar Acara Ruwat Bumi

Penaindonews.com, kota serang, – Setelah menunggu selama 8 tahun (1 windu), akhirnya acara ruwat bumi di gelar oleh masyarakat kelurahan Kepuren, kegiatan berlangsung di lokasi keramat kawijen lingkungan kepuren, kelurahan Kepuren kecamatan walantaka, kota serang. Minggu 28 Juli 2024.

Dalam kegiatan tersebut di hadiri, anggota DPRD kota serang, Wisol, Camat Walantaka Muslim Sholeh, Kapolsek Walantaka AKP Juwandi, tokoh masyarakat H.wardi, H.Herman dan H.Subadri Ushuluddin dan segenap tokoh masyarakat, kepala kelurahan Kepuren Subhan bersama ketua RT, RW, Babinsa dan bhabinkamtibmas serta masyarakat lingkungan dan tamu undangan.

Di sampaikan oleh, ketua panitia saiban, juga selaku ketua RW 01 Kepuren, menyampaikan apresiasi kepada segenap jajaran panitia, tokoh masyarakat, pemerintah dan para donatur khususnya masyarakat lingkungan kepuren dan penangkan, yang telah mensukseskan acara 8tahun sekali yaitu acara ruwat bumi, yang tujuannya untuk menunjukkan rasa syukur kepada tuhan yang maha esa atas segala kenikmatan yang telah di berikan dan momentum untuk mengikat dan memperkuat tali silaturahmi. ” Ucapnya.

Dalam sambutan tokoh masyarakat kelurahan Kepuren, H. Wardi, menjelaskan, bahwa kegiatan ruwat bumi ini telah dilakukan sejak lama dan turun-temurun yang dalam pelaksanaannya selama delapan tahun sekali.

” Kegiatan ini adalah kegiatan rutin yang di laksanakan oleh masyarakat Kepuren dan dalam pelaksanaan nya selama delapan tahun sekali, acara ini di laksanakan sejak jaman dahulu para sesepuh dalam rangka tasyakuran atas nikmat yang telah di berikan oleh Allah SWT, di samping itu untuk melestarikan tradisi serta memperkuat tali silaturahmi ukhuwah islamiah, sehingga terciptanya ketentraman di tengah-tengah masyarakat. ” Tutur H. Wardi.

H.subadri Ushuluddin, selaku. Tokoh masyarakat kota serang, menyampaikan bahwa kegiatan ruwat bumi yang di laksanakan s delapan tahun sekali adalah sebuah tradisi masyarakat yang perlu di dukung baik oleh semua pihak terutama pemerintah, mengingat kegiatan ini adalah tradisi kesenian yang sudah menjadi budaya masyarakat, melalui kegiatan ini akan terjalin nya silaturahmi dan kebersamaan, sehingga dapat terciptanya kerukunan antar warga, untuk anggaran kegiatan ini masih mengandalkan swadaya masyarakat, semoga kedepannya Pemerintah dapat membantu. ” Ungkap Subadri Ushuluddin.

Sementara camat Walantaka Muslim Sholeh, yang di dampingi Kapolsek Walantaka AKP Juwandi, mengapresiasi atas terselenggaranya kegiatan Ruwat Bumi yang di selenggarakan delapan tahun sekali, selaku pemerintah kecamatan walantaka, dirinya sangat mendukung setiap kegiatan yang bernilai positif dan mengandung unsur budaya, harapannya semoga kegiatan positif seperti ini dapat terus di laksanakan. ” Ucap Muslim Sholeh

Masih di lokasi yang sama, kepala keluarga Kepuren, Subhan, mengapresiasi atas suksesnya acara Ruwat Bumi tersebut, dirinya juga mengapresiasi atas kehadiran pemerintah kota serang, khususnya pemerintah kecamatan Walantaka , tokoh masyarakat dan warga lingkungan kelurahan Kepuren, semoga masyarakat dapat mengambil hikmah dari kegiatan Ruwat Bumi, yang mana selain tradisi turun-temurun, kegiatan Ruwat Bumi merupakan wujud syukur kepada Allah SWT dan momentum hiburan warga serta ajang silaturahmi dan menambah kerukunan Antar warga. ” Jelas Subhan.

Dalam kegiatan tersebut warga menyembelih 2 ekor kerbau dan ratusan ayam, sebagai wujud syukur kepada Allah SWT , rangkaian kegiatan di isi dengan doa bersama, juga di isi dengan pentas seni khas Banten, secara keseluruhan kegiatan berjalan dengan lancar.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *