Pemdes Susukan kecamatan Tirtayasa Gunakan DD Untuk Pembangunan Sarpras dan Pemberdayaan Masyarakat

Penaindonews.com, kabupaten serang, – Pemerintah desa (Pemdes) Susukan Kecamatan Tirtayasa kabupaten serang, dalam menyerap Anggaran Dana Desa fokus dalam pembangunan sarpras dan pemberdayaan masyarakat, di samping itu pengalokasian dana untuk BLT-DD.

Saat di temui di ruang kerjanya, kamis (20/09/2024), Epi suaepi, selaku Kepala Desa Susukan menjelaskan, bahwa pemdes Susukan dalam menyerap anggaran DD berfokus pada pembangunan Sarpras terutama Jalan usaha Tani (Jut) dan pemberdayaan masyarakat serta penyerahan BLT-DD kepada Warga penerima manfaat.

Dokumentasi pemberdayaan Kader posyandu dan Giat PMT

” Anggaran DD yang di alokasikan Pemerintah kepada desa susukan, kami manfaatkan secara maksimal untuk kepentingan prioritas masyarakat berdasarkan hasil usulan masyarakat melalui musdes, Penyerapan ADD tahun ini masih fokus dalam pembangunan sarpras jalan usaha tani dan pemberdayaan masyarakat terutama para kader posyandu dan kader PKk, serta pemdes Susukan juga  pengalokasian dana untuk BLT-DD.” Ucap Epi suaepi.

Masih Epi suaepi, dirinya memaparkan terkait alokasi penyerapan anggaran dana desa tahun anggaran 2024 untuk di tahap satu, Pembangunan Jembatan RT 08/03 (4.2 X 4.5 M), (Pembangunan Jalan Gang (Makam) Rt 05/02 (P=18 L=1,5 T=0,15), (Pembangunan Jalan Gang Nusi Rt 05/02 P=43 L=150 T=0,15), (Pembangunan Jalan Gang Juned Rt 07/03 P=74 L=1 T=0,15),  Pembangunan TPT Rt 12/04 P=136×0,40×0,50x1sisi), pembangunan JUT rabat beton RT01/01(152mXL1,5mXT0,15m), selain sarpras tersebut pemdes Susukan melaksanakan pemberdayaan masyarakat diantaranya, Pelatihan Bidang Kesehatan kader posyandu, Penyuluhan TB Paru, penyuluhan bahaya Narkoba, penyuluhan Stunting, pemberian makanan tambahan bagi ibu hamil, balita dan lansia, serta penyerahan BLT-DD kepada warga penerima manfaat. ” Imbuh nya.

Dokumentasi Salah satu pembangunan JUT

Di sampaikan oleh tokoh masyarakat desa susukan, H.Abdul wahid , bahwa dirinya mewakili masyarakat, sangat mengapresiasi atas kinerja pemerintah desa susukan, di matanya pemdes Susukan sangat respon terhadap kepentingan masyarakat dan pelayanan yang di berikan juga maksimal, selain itu dirinya juga mengapresiasi atas kinerja pemdes Susukan terkait Penyerapan anggaran dana desa, menurut nya pengalokasian dana desa sudah tepat sasaran walau dengan keterbatasan anggaran.” Tutur H. Abdul Wahid.

Lebih lanjut, H.abdul Wahid, menjelaskan, bahwa pemdes Susukan selalu melibatkan tokoh masyarakat, tokoh agama, tokoh pemuda, serta pihak BPD dalam melaksanakan kegiatan baik musyawarah desa maupun dalam pelaksanaan kegiatan pembangunan dan pemberdayaan masyarakat desa, keterlibatan para tokoh dan pihak BPD serta bhabinkamtibmas dan Babinsa, merupakan itikad baik pemdes Susukan dalam rangka mewujudkan kebersamaan, keterbukaan informasi dan membina sinergitas lintas sektor, demi terwujudnya desa yang maju dengan masyarakat yang sejahtera serta terciptanya kondusifitas kamtibmas. ” Tutur H. Abdul Wahid.

Dokumentasi pembagian BLT -DD

Dari pantauan media penaindonews.com, terkait hasil Penyerapan anggaran dana desa di desa susukan, dan mengakomodir informasi dari tokoh masyarakat dan warga, serta Pemaparan informasi yang di sampaikan oleh kepala desa susukan, di nilai pemdes Susukan dapat memaksimalkan anggaran dana desa, untuk kepentingan prioritas masyarakat, walau dengan keterbatasan anggaran, untuk itu di harapkan pemerintah dapat mempertimbangkan terkait penambahan anggaran dana desa di desa susukan, mengingat masih banyaknya pembangunan yang belum terealisasi serta butuhnya peningkatan SDM melalui pemberdayaan masyarakat lebih lanjut, guna menuju desa maju dan mandiri dengan masyarakat yang sejahtera.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *