Warga Kelurahan Sukawana Mengapresiasi Atas Terealisasinya Program Kementrian P3A-TGAI


Penaindonews.com, Kota serang , – (Sabtu/19/10/2024), Proyek Program Percepatan Peningkatan Tata Guna Air Irigasi (P3A-TGAI) Saluran Irigasi Balai Besar Wilayah Sungai Cidanau-Ciujung-Cidurian melalui kementrian Pekerjaan Umum Perumahan Rakyat Direktorat Jendral Sumber Daya Air, yang dilaksanakan oleh kelompok tani “Wana Maju” mendapat apresiasi warga. Selain memperbaiki infrastruktur, program ini juga melibatkan masyarakat dalam pelaksanaannya, sehingga memberikan dampak ekonomi baik.

Program P3-TGAI yang dilaksanakan dilingkungan kebanyakan ulon RT.01 /RW.02 kelurahan sukawana, Kecamatan Serang, kota Serang, disambut baik oleh para petani setempat. Program yang bertujuan untuk memperbaiki dan meningkatkan jaringan irigasi tersebut diharapkan dapat memberikan dampak positif terhadap produktivitas pertanian di wilayah tersebut.

Pekerjaan proyek P3-TGAI yang di kelurahan Sukawana ini dilaksanakan dengan partisipasi aktif dari masyarakat. Para petani menyambut antusias program ini, karena irigasi yang baik menjadi faktor krusial dalam menunjang kesuburan lahan pertanian mereka. Dengan adanya perbaikan saluran irigasi, distribusi air ke lahan-lahan sawah diperkirakan akan lebih optimal, sehingga bisa mendukung peningkatan hasil panen.

Saat mengkonfirmasi salah seorang petani, H.Sihabudin mengungkapkan bahwa program ini sangat membantu karena kondisi irigasi di lingkungannya mengalami kerusakan dan penyumbatan. (Sabtu/19/10/2024)

“Kami sangat bersyukur dengan program P3A-TGAI dari kementrian ini, sangat membantu para petani terutama dalam segi perairan, air yang dulu sulit mengalir ke persawahan, Alhamdulillah sekarang sudah diperbaiki, dan lancar, kami berharap untuk kedepannya bantuan dari kementrian ini bisa dilanjutkan, supaya saluran irigasi di persawahan wilayah kami menjadi lebih baik, dan memberi dampak peningkatan hasil panen untuk para petani”. Ungkap H. Sihabudin

Disisi lain Bendahara kelompok P3-TGAI H. Ali Misri menyatakan bahwa program ini sangat membantu sekali untuk para petani dilingkungan kebanyakan dan menjadi solusi atas masalah kekurangan air yang kerap dialami oleh para petani.

“Program P3-TGAI ini sangat membantu untuk para petani dilingkungan kebanyakan, apalagi saya juga termasuk dari salah satu petani nya. dan dengan adanya program ini, kami berharap untuk produktivitas pertanian di wilayah kami bisa meningkat dan bisa mensejahterakan masyarakat umumnya dan khususnya para petani diwilayah kami.”  papar H. Ali

Dengan dilaksanakannya pekerjaan irigasi dikelurahan sukawana ini, diharapkan bisa mendistribusikan air secara merata dan efektif, sehingga meningkatkan kesejahteraan para petani dan menunjang ketahanan pangan di wilayah kota Serang.

Masih H.Ali dirinya berharap untuk kedepannya kelompok P3A “Wana Maju” bisa dipercaya kembali sebagai pelaksanaan pekerjaan  P3A-TGAI dari proyek kementrian ini, karena masih banyak lokasi saluran irigasi diwilayah kami yang masih terisolir”. Tutupnya




By: Badri

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *