Situasi Merak Kembali Hijau, Kapolda Banten Apresiasi Personel Tidak Kenal Lelah Melayani Pemudik

Penaindonews.com, Merak – Situasi Pelabuhan Merak hari ini, Minggu (01/06/2022) pagi tampak lengang, tidak lagi terlihat antrian dan kepadatan kendaraan pemudik pada kantong parkir di tiap dermaga. Toll-gate Pelabuhan Reguler yang biasanya padat dengan aktivitas pengecekan barcode tiket Ferizy juga tampak normal seperti biasa. Kondisi jalan pasca exit Tol Merak sudah lancar, tidak terdapat antrian kendaraan baik sebelum dan sesudah pintu tol. Sementara itu, arus kendaraan yang biasa dibuka-tutup di Jalan Cikuasa Atas juga tampak sepi, jalan dapat dilintasi dengan normal. Jalur arteri dari Tanjung Gerem ke Pelabuhan Merak juga tampak lengang. “Sesuai dengan pantauan hari ini, kondisi di jalan tol, jalan arteri, jalur Cikuasa Atas dan di Pelabuhan Merak sudah normal, tidak ada kepadatan kendaraan pemudik,” kata Kapolda Banten Irjen Pol. Prof. Dr. Rudy Heriyanto saat patroli ke Pelabuhan Merak pada Sabtu (01/05) pukul 09.45 Wib.

Berdasarkan hasil pantauan secara menyeluruh, maka Polda Banten telah menetapkan kondisi arus mudik ke Pelabuhan Merak kembali ke situasi hijau, dimana aktivitas kendaraan sudah dapat berlangsung dengan normal. “Pasca menghadapi situasi merah yang cukup panjang sejak Jumat (29/04) pukul 01.00 Wib lalu, maka sejak 04.00 Wib hari ini Polda Banten telah kembali pada situasi hijau, pengaturan lalu lintas oleh personel Polda Banten dilakukan seperti rutinitas biasa,” kata Kabidhumas Polda Banten.

Sesuai dengan analisa data, 165.037 penumpang dan 36.683 kendaraan telah melintas dari Pelabuhan Merak ke Sumatera dengan menggunakan 45 unit kapal yang operasional dengan 134 trip. Dari jumlah itu, terdapat 14.606 motor dan 20.446 unit kendaraan pribadi yang diberangkatkan tidak hanya dari Pelabuhan Merak, juga menggunakan Dermaga Indah Kiat, Pelabuhan Bandar Bakau Jaya dan Pelabuhan Pelindo. “Jika diakumulasi, sejak H-10 hingga hari ini H-2 Lebaran, telah diberangkatkan 760.911 penumpang atau rata-rata 84.546 orang per hari dan 180.465 kendaraan atau 20.052 unit per hari dari Pelabuhan Merak ke Sumatera,” jelas Shinto.

Kapolda Banten mengapresiasi personel yang telah melaksanakan tugas pengamanan arus mudik dengan baik. Meski diguyur hujan, personel tetap setia melayani pemudik di tiap titik pengamanan. “Salut dan apresiasi yang setinggi-tingginya kepada personel yang tidak kenal lelah dalam bertugas melayani arus mudik ke Pelabuhan Merak. Satu tahapan tugas dalam Operasi Ketupat Maung 2022 sudah berhasil dilalui dengan baik, tentu saja personel harus fokus kembali dengan pengamanan malam takbiran, sholat Id serta pengamanan aktivitas masyarakat saat libur ke jalur-jalur destinasi wisata maupun di tempat-tempat keramaian. Jangan lengah dan terus bekerja untuk menjamin kegiatan masyarakat saat Lebaran dapat berjalan aman,” kata Rudy.

Apresiasi juga disampaikan kepada ASDP Pelabuhan Merak, KSOP Merak, para pengelola dermaga dan armada kapal yang digunakan untuk melayani pemudik. “Terimakasih kerjasama dari otoritas pelabuhan terutama pihak swasta pengelola dermaga dan armada kapal yang telah mendukung kegiatan mudik tahun ini. Antusiasme mudik yang luar biasa selama beberapa hari ini di wilayah Merak dapat dikelola dengan baik tidak hanya dengan peran pemerintah, juga dukungan dari pihak swasta, menjadi role model kerjasama yang baik untuk dapat dilakukan pada pelayanan mudik tahun-tahun berikutnya,” kata Rudy. (*/Niel).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.