Polres Serang Gelar Rapat Koordinasi Lintas Sektoral Guna Kesiapan Pengamanan Lebaran 1444 H / 2023

Penaindonews.com, POLRES SERANG – Rapat Koordinasi Lintas Sektoral Operasi Ketupat Maung Tahun 2023 Polres Serang dalam rangka Kesiapan Pengamanan Lebaran 1444 H Tahun 2023, digelar di Aula Mapolres Serang, Polda Banten pada Kamis, 13 April 2023.

Melalui rapat koordinasi lintas sektoral ini diharapkan memantapkan sinergi dalam pelayanan kepada masyarakat pada saat menjelang dan sesudah perayaan hari Raya Idul Fitri 1444 H Tahun 2023.

Rapat koordinasi tersebut dihadiri oleh unsur Forkopimda Kabupaten Serang, Kepala Dinas Perhubungan (Kadishub) Kabupaten Serang, Pasi Ops Kodim 0602/Serang, Sat Pol PP Kabupaten Serang, Dinkes Kabupaten Serang, Perwakilan Operator Penyedia Layanan Jalan Tol Tangerang – Merak PT. Marga Mandalasakti, perwakilan BPBD Kabupaten Serang, perwakilan BPJN Banten serta Pejabat Utama Polres Serang dan Kapolsek Jajaran Polres Serang.

Kapolres Serang AKBP Yudha Satria, SH., S.Ik dalam sambutannya menyampaikan Rakor ini dilakukan sebagai upaya menyamakan pola tindak dalam rangka kesiapan pengamanan perayaan Idul Fitri 1444 H di wilayah hukum Polres Serang.

“Kepolisian akan menggelar Operasi terpusat dengan sandi Ketupat Maung 2023, yang akan digelar selama 14 hari mulai tanggal 18 April 2023 – 1 Mei 2023,” kata Kapolres.

Kapolres menyampaikan melalui rapat koordinasi ini diharapkan agar para peserta rapat koordinasi, dapat memberikan gambaran umum rencana masing-masing dalam rangka pelayanan aspek-aspek yang dibutuhkan masyarakat pada kegiatan perayaan hari raya Idul Fitri tahun 2023.

“Dengan demikian, hasil rapat koordinasi yang dilaksanakan hari ini secara internal dan eksternal dapat diintegrasikan dan diserasikan dalam rencana kegiatan pengamanan dan pelayanan kepada masyarakat secara lebih efektif dan efisien,” ucapnya.

Kapolres Serang menyampaikan beberapa permasalahan yang timbul akhir-akhir ini, baik situasi politik, dunia internasional maupun masalah Politik, Ekonomi, Sosial Budaya dan Keamanan Dalam Negeri menjadikan dampak pengaruh perkembangan pembangunan Nasional, dimana dipresentasi dapat mempengaruhi dinamika situasi Kamtibmas.

“Dengan hal itu dilaksanakan rapat ini agar kita bisa mempersiapkan diri dalam pelaksanaan Operasi Ketupat Maung 2023 di Wilayah Hukum Polres Serang dengan aman dan kondusif” ungkap Kapolres Serang.

Kabag Ops Polres Serang AKP H. Joko Pituturno, SH, menyampaikan dalam paparannya diprediksi jumlah pemudik Lebaran pada tahun ini meningkat dibanding tahun sebelumnya. Polres Serang dalam hal ini menyiapkan 6 pos pengamanan (pospam), 1 pos pelayanan (posyan), 1 Pos Komando (Posko) serta 9 Pos Pengaturan (Pos Gatur) Arus Lalin yang tersebar di Wilayah Hukum Polres Serang.

AKP H. Joko juga menyampaikan nantinya, pemudik diprediksi akan lebih banyak menggunakan kendaraan pribadi untuk pulang ke kampung halamannya masing-masing.

Dalam pelaksanaan Ops Ketupat Maung 2023 Polres Serang menerjunkan Personel Gabungan sebanyak 396 personel, yang disiagakan dalam pengamanan Hari Raya Idul Fitri 1444 H, disebar dibeberapa titik di wilayah hukum Polres Serang.

Terakhir Kapolres Serang menghimbau kepada masyarakat yang akan melaksanakan mudik lebaran tahun ini untuk mempersiapkan segalanya.

“Kita harap masyarakat yang akan mudik untuk mempersiapkan segalanya, terutama kesehatan jasmani dan juga kesehatan kendaraan. Sehingga selamat sampai di kampung halaman,” tutup AKBP Yudha Satria.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *