Satgas TMMD 117 Bekerjasama Dengan Dinkes Pandeglang Berikan Penyuluhan Kesehatan

Penaindonews.com, Pandeglang, – TMMD ke-117 yang di gelar Kodim 0601/Pandeglang selain mengerjakan kegiatan fisik berupa pengerasan jalan Patia – Nabeng, dilaksanakan juga kegiatan Non fisik berupa Penyuluhan dari instansi-instansi terkait seperti yang dilaksanakan hari ini, Rabu (02/08/23)

Bertempat di Kantor Desa Babakankeusik kecamatan Patia dilaksanakan kegiatan non fisik berupa kesehatan yang diikuti oleh warga desa setempat. Kegiatan penyuluhan ini bekerjasama antara Kodim 0601/Pandeglang dan Dinas Kesehatan Kabupaten Pandeglang. Bertindak sebagai narasumber Ibu Dodon Sukiyah, S.K.M., M.K.M., dan Ibu Annisa Nur Aprilia Sari, A.Md.Gz.

Ibu Dodon Sukiyah, S.K.M., M.K.M., menyampaikan Pos Binaan Terpadu (POSBINDU) adalah kegiatan monitoring dan deteksi dini faktor Resiko Penyakit Tidak Menular (PTM) terintegrasi seperti Penyakit jantung dan pembuluh darah, diabetes, penyakit paru obstruktif akut dan kanker serta gangguan akibat kecelakaan dan tindakan kekerasan dalam rumah tangga yang dikelola oleh masyarakat melalui pembinaan terpadu.

“Dalam hal ini peran serta masyarakat sangat dibutuhkan dalam melakukan kegiatan deteksi dini dan pemantauan faktor risiko Penyakit Tidak Menular (PTM) yang dilaksanakan secara terpadu, rutin, dan periodik melalui Posbindu, sehingga sehingga kejadian PTM di masyarakat dapat ditekan, “ujarnya.

Kapten Inf Tata Danramil 0111/Pagelaran selaku Komandan SSK mengatakan, perlunya penyuluhan kesehatan bagi masyarakat. “Program seperti Posbindu PTM ini harus di sosialisasikan mulai dari tingkat Nasional sampai ke pelosok Desa, begitu pula dengan program TMMD, sehingga sangat relevan, ketika kegiatan TMMD juga dipadukan dengan sosialisasi tentang kesehatan, “ujarnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *