Program SPAL-DT di Kelurahan Pabuaran Mendapat Apresiasi dan Antusias Warga

Penaindonews.com, Kota serang, – Pemerintah kota serang melalui DPUPR kota serang bidang cipta karya sedang melaksanakan Program Saluran Perpipaan Limbah Domestik Terpusat (SPAL-DT) di lingkungan cipugur RT.01 / RW .01 kelurahan pabuaran, kecamatan Walantaka kota serang, Banten.

Dari pantauan media penandonews.com, program SPAL-DT ini mendapat apresiasi dan antusias dari warga masyarakat lingkungan, pasal nya program ini sudah lama di tunggu warga guna menanggulangi terkait masalah air limbah keluarga, dengan program ini lingkungan akan lebih sehat dan pencemaran lingkungan dapat diminimalisir.

Di sampaikan oleh Iskandar, selaku ketua KSM Sumur gede, bahwa program ini sudah lama di nanti oleh warga demi kesehatan lingkungan, sehingga begitu program ini di gulirkan maka masyarakat antusias untuk melaksanakan Gotong Royong dalam pembangunan SPAL-DT tersebut.

” Alhamdulillah kang, masyarakat sangat antusias dalam menerima bantuan program SPAL-DT ini, karena sudah lama di tunggu guna meminimalisasi polusi lingkungan terkait dengan air limbah rumah tangga, yang terkadang mengeluarkan bau tidak sedap, oleh karena itu warga bahu-membahu dalam proses pengerjaan proyek ini, adapun untuk memaksimalkan pengerjaan tentu tidak terlepas dari pengawasan konsultan pengawas, sehingga pekerjaan ini dapat sesuai dengan standar spesifikasi teknis. ” Ucap Iskandar.

Lebih lanjut Iskandar menerangkan, bahwa tenaga kerja semua dari masyarakat lingkungan tidak ada dari luar, bahkan di saat pertama pengerjaan lebih dari 15 warga datang ke lokasi untuk membantu dalam penggalian lubang.

” Pertama pengerjaan proyek ini, ada 15 warga bahkan lebih yang datang kelokasi untuk membantu pengerjaan terutama pada tahapan penggalian lubang, bahkan mereka tidak berbicara terkait upah, namun tetap kita anggarkan dengan sesuai, hal ini menunjukkan bahwa warga sangat senang dan antusias dengan program SPAL-DT ini, karena keberadaan SPAL-DT ini di peruntukkan guna sentralisasi air limbah rumah tangga bagi 60 rumah. imbuh Iskandar. Jum’at (15/09/2023).

Terpisah, Santani, selaku tokoh penggerak pemuda kelurahan Pabuaran, menyampaikan , bahwa dirinya mengapresiasi kepada pemerintah kota serang melalui dinas PUPR yang telah menggulirkan program SPAL-DT di wilayah kelurahan pabuaran, tentu hal ini menunjukkan bahwa pemerintah kota serang sangat konsen pada hal yang berkaitan dengan kesehatan lingkungan.

” Mewakili masyarakat kelurahan pabuaran , khususnya para pemuda , sangat berterima kasih dan mengapresiasi kepada pemerintah kota serang melalui dinas PUPR kota serang atas terealisasinya program SPAL-DT di wilayah kelurahan pabuaran, ini merupakan bentuk dukungan dan perhatian pemerintah kota serang terhadap masyarakat nya, dan menunjukkan betapa konsennya pemerintah kota serang terkait kesehatan masyarakat, terutama berkaitan dengan kebersihan lingkungan, semoga hal ini dapat terus di lakukan Pemkot serang.” Ungkap Santani.

Sementara, Ibu Nebah, salah seorang warga penerima manfaat dari SPAL-DT, mengatakan, dirinya sangat senang dengan adanya SPAL-DT ini, karena bisa menanggulangi terkait air limbah rumah tangga yang mana limbah tersebut mengalir berdekatan dengan rumahnya, bahkan lebih parah bila datang musim hujan, Sehingga lingkungan terlihat jadi kumuh bahkan tercium aroma tidak sedap, dengan terbangunnya SPAL-DT ini, di harapkan menjadi solusi untuk menanggulangi hal tersebut, sehingga lingkungan menjadi lebih sehat. terang ibu Nebah pada media penaindonews.com.

Terpisah, Maryani, selaku kepala kelurahan Pabuaran, memberikan apresiasi kepada Pemkot Serang yang telah merealisasikan program SPAL-DT di kelurahan Pabuaran, dirinya juga mengucapkan terimakasih kepada ketua RT 01 Bapak Kamsari yang telah menghibahkan tanah untuk lokasi SPAL-DT.

” Atas nama pemerintah kelurahan Pabuaran dan masyarakat, mengucapkan apresiasi kepada pemerintah kota serang melalui DPUPR kota serang, yang telah memberikan bantuan program SPAL-DT di wilayah kelurahan pabuaran, tentu hal ini bentuk perhatian yang luar biasa kepada masyarakat kami berkaitan dengan kesehatan lingkungan, kami juga mengucapkan terimakasih kepada Bapak Kamsari yang telah menghibahkan lahan untuk pembangunan SPAL-DT ini.” ucap maryani.

Lebih lanjut Maryani, menambah, bahwa masyarakat harus juga bisa merawat dan memanfaatkan bantuan pemerintah ini sebaik mungkin, bukan hanya semangat dalam bergotong royong dalam segi pembangunan nya saja, namun dalam perawatan dan pemanfaatan nya juga harus di perhatikan.

Untuk informasi
Nama Kegiatan : Sistem Pengolahan Limbah Domestik Terpusat (Spal-dt) Dan Perpipaan
Volume Kegiatan : 1 (Satu) PAKET
Nilai Kontrak : RP. 548.329.000
(Lima Ratus Empat Puluh Delapan Juta Tiga Ratus Dua Puluh Sembilan Ribu Rupiah)
Sumber Dana : Dak Tahun Anggaran 2023.
Waktu Pelaksanaan : 120 HARI
Lokasi Kegiatan : Link. Cipugur Rt/rw 001/001.
Pelaksana Kegiatan: Ksm Sumur Gede Kel. Pabuaran.

Proyek SPAL-DT tersebut, mendapat apresiasi dan antusias dari masyarakat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *