Lagi Lagi Proyek Siluman Jenis Bangunan SAB Kali ini Muncul di Desa Onyam, Kecamatan Gunung Kaler

Penaindonews.com- Tangerang, Proyek Sarana Air Bersih ( SAB ) yang berlokasi di kampung Gaga lor Rt 002/02 desa Onyam kecamatan Gunung kaler kabupaten Tangerang Banten yang sa’at ini sedang berjalan tanpa terpasang nya Papan Informasi Publik ( PIP ). kamis 09/11/2023.

Dengan tidak ada nya Papan Informasi Publik ( PIP ) ini masyarakat tidak mengetahui anggaran dari mana dan besar anggarannya berapa, jadi seperti misterius.

Padahal semestinya, sebelum dimulai pekerjaan proyek, rekanan atau pelaksana proyek di lapangan harus memasang papan informasi proyek agar seluruh masyarakat dapat ikut mengetahui dan mengawasi pekerjaan tersebut.

Sesuai dengan Undang-Undang (UU) Keterbukaan Informasi Publik (KIP) Nomor 14 Tahun 2008 dan Perpres Nomor 54 Tahun 2010 serta Nomor 70 Tahun 2012, dimana mengatur bahwa setiap pekerjaan bangunan fisik yang dibiayai oleh negara wajib memasang papan nama proyek.

Dimana dalam papan nama proyek, harus di cantumkan jenis kegiatan, lokasi proyek, nomor kontrak, waktu pelaksanaan proyek, nilai kontrak, dan jangka waktu atau lama pekerjaan.

Ketika di sambangi awak media ke lokasi proyek, hanya ada 2 (dua ) orang pekerja yang sedang melakukan peneplokan dinding SAB.

Salah seorang pekerja di lapangan, menyampaikan bahwa mereka hanya berkerja saja untuk membangun SAB, sedangkan kalau untuk yang ngebor air mah itu beda lagi orang nya.

” Saya disini hanya pekerja untuk melakukan pembangunan SAB nya saja pak, sedangkan untuk pengeboran nya mah beda lagi orang nya” terang salah satu pekerja.

Lanjut pekerja, saya mendapat pekerjaan dari Bapak H. Tabriji orang desa kandawati.

Awak Penaindonews.com pun mencoba menghubungi H. Tabriji via whatsapp untuk menggali informasi terkait proyek SAB tersebut, beliau menjawab, “itu punya teman saya pak, saya hanya mengirim barang nya saja” Jawabnya.

Dan pada saat ditanya lagi terkait Papan Informasi Publik (PIP) H. Tabriji belum ada jawaban, bahkan sampai berita ini di tayangkan dan pihak pelaksanapun belum bisa di hubungi untuk mengetahui informasi yang lebih dalam.

Ketidak terbukaan proyek SAB di Rt 002/002 Desa Onyam, di duga ada permainan pihak-pihak terkait yang memanfaatkan program buat masyarakat ini untuk keuntungan pribadi.

Proyek yang dikerjakan tanpa menggunakan papan nama, diduga sebagai trik untuk membohongi masyarakat agar tidak termonitoring besar anggaran dan sumber anggaran yang di gunakan dalam proyek tersebut.

Sekaligus pemasangan papan nama proyek merupakan implementasi azas transparasi/keterbukaan sehingga masyarakat umum dapat ikut serta dalam proses pengawasannya.

Semoga Dinas terkait (Disperkim) kabupaten Tangerang, provinsi Banten dapat segera turun tangan untuk mengawasi pelaksanaan proyek di lapangan. Sehingga tidak ada lagi masyarakat sebagai penerima manfaat yang di rugikan. ( team )

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *