Pelantikan 263 PTPS Se-kecamatan Walantaka oleh Panwaslu kecamatan Walantaka

Penaindonews.com, Kota serang, – Untuk memaksimalkan kegiatan pemilu serentak tahun 2024 yang akan berlangsung beberapa waktu mendatang, Terutama hal berkaitan dengan Pengawasan tempat pemungutan suara, Panwaslu kecamatan Walantaka melantik 263 Petugas Pengawasan tempat pemungutan suara (PTPS) se-kecamatan walantaka tahun 2024. kegiatan berlangsung di Aula gedung Bumi perkemahan Lebakwangi kecamatan walantaka kota serang. Senin 22/01/2024).

Kegiatan ini di hadiri Komisioner Banwaslu kota serang Abdurrohim, Camat Walantaka Muslim Sholeh, Kapolsek Walantaka AKP Juwandi, Danramil Walantaka Kapten INF Rokhim, Kepala kelurahan Lebakwangi Retno Damayanti, kepala kelurahan Tegalsari Saidah, ketua Panwascam kecamatan walantaka M. Fahmi Abduh bersama jajaran, Perwakilan dari PPK kecamatan Walantaka,tokoh masyarakat, dan segenap anggota PTPS  se-kecamatan walantaka.

Pelantikan di tandai dengan Pembacaan SK pengangkatan oleh kepala sekretariat Panwaslu kecamatan Walantaka Erah Sukhaerah , selanjutnya pelantikan dan pengambilan sumpah PTPS yang di pandu oleh ketua panwaslu kecamatan walantaka M. Fahmi Abduh, dilanjutkan dengan pembacaan teks pakta integritas.

Dalam sambutan Ketua Panwaslu Kecamatan Walantaka, M. Fahmi Abduh, dirinya memberikan apresiasi dan ucapan selamat kepada PTPS terpilih yang baru saja telah dilantik, dan menegaskan bahwa dengan dilantiknya PTPS maka seluruh petugas telah mempunyai beban tanggung jawab dan amanah yang harus dipegang teguh, sehingga Pemilu serentak tahun 2024 dapat berjalan dengan sukses dan lancar, serta situasi kundusifitas kamtibmas khususnya di wilayah kecamatan Walantaka dapat selalu terjaga. ucapnya.

Sementara, Camat Walantaka,  Muslim Sholeh, memberikan arahan agar para petugas yang baru dilantik dapat menjalankan tugas semaksimal mungkin menjaga netralitas dan integritas, selain hal tersebut camat Walantaka juga berpesan agar PTPS dapat berkerja dengan ikhlas dan bersyukur, serta selalu menjaga kesehatan sehingga dalam melaksanakan tugas dapat lebih maksimal. “Ungkap Muslim Sholeh dalam sambutannya.

Kapolsek Walantaka, AKP Juwandi,  dalam sambutannya , memberikan ucapan selamat dan apresiasi atas dilantiknya sebanyak 263 PTPS se-kecamatan walantaka, setelah melalui tahapan seleksi mulai dari administrasi hingga wawancara, yang tentunya semua yang telah dilantik merupakan orang pilihan, yang akan berkerja untuk mensukseskan pemilu serentak tahun 2024 ini, untuk itu PTPS harus dapat menjaga komunikasi dan koordinasi terutama kepada panwaslu kecamatan Walantaka dan instansi terkait, dengan harapan Pemilu akan berjalan dengan sukses dan tidak ada kendala. ” tegas AKP Juwandi.

Senada dengan Kapolsek Walantaka, Danramil Walantaka, Kapten Inf. Rohim, menerangkan bahwa tugas dan tanggung jawab yang di emban PTPS yang baru saja di Lantik merupakan tugas mulia, untuk itu amanah dan tanggung jawab ini dapat di laksanakan secara maksimal dan disiplin, kepada PTPS terpilih juga harus di berikan pembekalan terkait tugas dan tanggung jawabnya, sehingga tingkat kesalahan dapat di minimalisir dan dalam pelaksanaan pemilu serentak ini tidak terjadi kendala, kepada PTPS agar tetap menjaga komunikasi dan koordinasi. ” Ungkap Danramil dalam sambutannya.

Disampaikan oleh komisioner Bawaslu Kota Serang, Abdurohim,
Untuk di ketahui bahwa Struktural Pengawasan Pemilu dari tingkat atas, mulai dari Bawaslu RI, Provinsi, Kabupaten/Kota, Panwaslu Kecamatan, Panwas Kelurahan Desa dan ujung tombak nya adalah  PTPS, karena terlibat langsung dengan masyarakat yang bertugas mengawasi proses pemungutan suara hingga penghitungan suara di TPS dan ini adalah menjadi tugas inti dari PTPS.” Ucap nya

Lebih lanjut Abdurohim, menegaskan, Apabila terjadi permasalahan di TPS, PTPS menjadi saksi, oleh karena itu disiapkan mental dan pengetahuan tentang pemilu, mengingat Pada pelaksanaan pemungutan dan penghitungan suara tanggal 14 Februari 2024, tugas PTPS adalah melaporkan hasilnya kepada Panwaslu Kecamatan dan  selanjutnya laporan ini akan terus berjenjang pada tingkatan lebih tinggi, perlu juga di ingat bahwa Netralitas Pengawas TPS harus dijaga dengan baik.” imbuh Abdurohim.

Secara keseluruhan kegiatan pelantikan PTPS se-kecamatan walantaka berjalan dengan lancar dan penuh hikmat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *